Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode RME
DOI:
https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.30338Keywords:
Literasi, Numerasi, RMEAbstract
Tujuan dari adanya penelitian ini untuk dapat mengetahui perkembangan peningkatan literasi numerasi siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode RME dan metode ini dilakukan bertujuan ungtuk membantu memecahkan sebuah masalah serta perbaiakan sistem pembelajaran secara efektif dan efesien, pada kelas IV di SD AL-ITTIHADIYAH dan MI NURHIDAYAH. Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru disekolah untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran metode RME, serta membantu mengembangkan literasi numerasi didalam kelas dan diluar kelas yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan keterampilannya masing-masing serta mereka dapat meningkatkan bakat mereka didalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode Research, penelitian ini juga menggunakan tindakan kelas ( Action Researh). Dengan menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education) literasi numerasi siswa didalam kelas maupun diluar kelas dapat memberikan pengaruh yang baik kepada siswa dalam mengembangkan keterampilan dan bakat siswa masing-masing. Dengan model RME dapat membantu untuk memaksimalkan literasi numerasi dalam proses belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas,sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran literasi numerasi siswa disekolah serta siswa terbiasa dalam menggunakan media pembebelajaran saat literasi numerasi menggunakan metode RME dengan ini siswa dapat memaksimalkan proses belajar literasi numerasi dengan baik serta guru dapat terus mengembangkan dan meningkatkan selalu media pembelajaran disekolahReferences
Kadek, N., Widiantari, K., & Suparta, I. N. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 331–343.
Gus Lina Wati, Ely Syafitri, (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran PBL Berbasis Stem, 7(1)
Yulia Agustina, Ejen Jenal Mutaqin, Muhammad Nurjamaludin, (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi, 2(2 ) 142-149
Nur Hasanah Bustami, MD kurniasih, (2022). Analisis Pendekatan Iceberg melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi
Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Satriawati, G. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika bagi guru mi dalam upaya mendukung keterampilan mengajar serta peningkatan literasi numerasi. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 61-72.
Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan
Literasi Numerasi dan Self-Efficacy SiswaMadrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310.
