Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.26669Keywords:
Berpikir Kreatif, Media Audio Visual, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual pada pembelajaran PKn dalam materi nilai-nilai pancasila dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini digunakan adalah studi kasus dengan 3 tahapan yaitu; mengamati persiapan guru kelas V dalam penggunaan media audio visual, pelaksanaan penggunaan media audio visual yang dilakukan guru dan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V dalam penggunaan media audio visual. Adapun subjek penelitian ini berupa 23 siswa kelas V MI Al Ikhlas Cipadu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Penggunaan media audio visual yang dilakukan guru kelas V MI Al Ikhlas Cipadu sudah baik dan hasil berpikir kreatif siswa kelas V bahwa dari 23 siswa mencapai berpikir kreatif yang meliputi indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu kelancaran (90%), keluwesan (94%), originalitas (91%) dan elaborasi (91%).References
Andriana. (2006). Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Depdikbud Dirjen PMPTK.
Ahdar, D. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaafah Learning Center.
Komariah, A., & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Bandung: Diva Press
Herianingtyas, N.L.R, ‘Penguatan Literasi Sains Siswa MI/SD Melalui Pengembangan E-Modul Dengan Instrumen Asesmen Berbasis Higher Order Thingking Skills’, Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 2.1 (2022), 15–26.
Herianingtyas, N. L. R., & Harmawati, R. E. (2017, May). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Sainsmelalui Discovery Learning Berwawasan Lingkungan. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 547-556).
Hermawan, A. H. (2016). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.
Jamaluddin. (2010). "Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Pembelajaran IPA." Jurnal Pendidikan, 17(3), Oktober.
Luthfiyah, dkk. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Rindaningsih, I. (2019). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Taniredja, dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
