PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAP

Authors

  • Laely Farokhah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tatang Herman Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Al Jupri Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11681

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Dasar masih rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan ide matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan perolehan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan teknik mind map. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent group design. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas IV (Empat) salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Adapun analisis data menggunakan statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perolehan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model project based learning dengan teknik mind map.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAP. (2023). ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11681