Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19:Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Authors

  • Adesti Putri Anesia UIN Raden Fatah Palembang
  • Misroni Misroni UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30791

Keywords:

strategi, pengelola, layanan perpustakaan, analisis swot

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengelola Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk pelayanan yang diterapkan oleh pengelola perpustakaan, untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di perpustakaan, dan untuk mengetahui apakah ada kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data diambil dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, staff bagian layanan sirkulasi, staff pengelola bagian referensi dan student staff. Berdasarkan dari hasil analisis mengenai strategi pengelola dalam meningkatkan pelayanan di masa pandemi covid-19 (Studi kasus Perpustakaan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang) dengan menggunakan analisis SWOT, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pelayanan yang diterapkan pengelola perpustakaan dalam masa pandemi covid-19 ialah, menerapkan pelayanan online untuk sistem peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi di perpustakaan.

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Al-Maktabah: Vol. 21, No. 1, Mei 2022