Perilaku Pencarian Informasi Remaja Wanita Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Skincare Melalui Media Sosial Twitter

Authors

  • Ulpah Andayani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Adiesty Mutiara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Arini Arini UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Khoirani Inayah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Riska Rafinia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Faikar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nur Nur UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30790

Keywords:

pencarian informasi, skincare, remaja wanita, twitter

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, informasi semakin mudah ditemukan. Sosial media sebagai contoh alat untuk menemukan informasi, dari aplikasi Twitter, Instagram, Pinterest, dan lainnya. Kemudahan mencari informasi mengenai skincare melalui media sosial Twitter yang dibarengi dengan perilaku seseorang yang gemar berbagi informasi mengenai skincare melalui review atau tweet memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan informasi skincare bagi orang-orang yang mengakses Twitter karena sifatnya yang fleksibel yaitu dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena peneliti ingin menjelaskan bagaimana pola perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh para pengguna skincare dalam memanfaatkan twitter untuk mencari informasi skincare. Metode pengambilan data yang akan digunakan adalah wawancara dan studi literatur. Informasi-informasi utama yang dicari oleh para remaja wanita mengenai skin care adalah produk skincare, jenis dan fungsinya, bahan dan kandungan skincare serta efek dari penggunaan skincare. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan perilaku pencarian informasi yang dapat ditemukan pada remaja wanita adalah perhatian pasif, pencarian pasif, pencarian aktif dan pencarian berlanjut.

Published

2023-02-02

Issue

Section

Al-Maktabah: Vol. 21, No. 1, Mei 2022