Menumbuhkan Literasi Anak Melalui Taman Bacaan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Curup

Authors

  • Marleni Marleni Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Hati Murdani Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30758

Keywords:

literasi, minat baca anak, taman baca

Abstract

Perguruan tinggi memegang  peranan dalam  menumbuhkan literasi pada masyarakat sesuai dengan tri dharma yang ada. Dalam hal ini salah satunya adalah kemampuan baca tulis masyarakat. Tumbuhnya kebiasaan membaca terkhususnya pada anak dapat mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat. Tulisan ini mengkaji bagaimana membangun dan menumbuhkan literasi anak berdasarkan pengalaman program Taman Bacaan Masyarakat oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dalam  menumbuhkan literasi anak . Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Taman Bacaan Masyarakat ini dibangun oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan IAIN Curup berlokasi di Kabupaten Rejang lebong, Bengkulu dimulai sejak tahun 2021, untuk memeberikan kesadaran kepada anak-anak mengenai literasi dengan cara memberikan edukasi diberbagai bidang ilmu yang diberikan langsung oleh pelaksana Taman Bacaan Masyarakat dengan ini peranan Taman Bacaan benar-benar dapat memperkuat pengetahuan anak-anak bahkan masyarakat di  kabupaten Rejang Lebong.

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Al-Maktabah: Vol. 21, No. 1, Mei 2022