IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM PENGUKURAN KETEPATAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) PADA ABSTRAK SKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY LOGIC

Nisa Kurniasih Wangsanegara, Beki Subaeki

Abstract


Ejaan  yang Disempurnakan  merupakan salah satu aspek penting dalam penulisan suatu dokumen. Penggunaan ejaan harus sesuai dengan yang tertera pada aturan baku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Kesalahan yang banyak terjadi yaitu dalam penulisan kata, tanda baca, dan huruf kapital. Aplikasi ini akan mengidentifikasi dan menghitung jumlah kesalahan penulisan huruf kapital/ kata dan tanda baca. Pengukur penggunaan ketepatan EYD ini dibuat menggunakan metode Fuzzy Logic Tsukamoto. Proses yang dilakukan dalam metode Tsukamoto yaitu: fuzzifikasi, pembentukan rule, mesin inferensi, dan defuzzifikasi. Jumlah kata yang saat ini tersedia dalam aplikasi ini yaitu 31.759 kata yang sebagian besar diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Aplikasi ini dibangun menggunakan MySQL sebagai database dan menggunakan tools PHP yang berbasis website. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap 20 abstrak skripsi, presentase kesesuaian hasil identifikasi yaitu 70% sesuai dengan hasil identifikasi secara manual.

Kata kunci: EYD, penulisan, Fuzzy Logic Tsukamoto, PHP.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v8i2.3185 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Nisa Kurniasih Wangsanegara, Beki Subaeki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter