ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA APLIKASI PLATFORM PERDAGANGAN ELEKTRONIK DI KALANGAN MAHASISWA

Nur Fiyah, Nissa Almira Mayangky, Sri Hadianti, Dwiza Riana

Abstract


Shopee merupakan platform perdagangan elektronik yang didirikan pada tahun 2009 sebagai pasar mobile-sentris sosial yang pertama dimana pengguna aplikasi shopee ini dapat melakukan belanja, menjual, dan menjelajahi kapan saja melalui ponsel pintar dengan aman dan praktis. Aplikasi Shopee dipengaruhi dari beberapa faktor untuk menghasilkan sistem belanja yang sesuai dengan kebutuhan  penggunanya, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada pengguna yang merasa dikecewakan dengan pelayanan Shopee, hal inilah yang membuat para pengguna aplikasi merasa dikecewakan.Untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna sistem maka perlu adanya pengukuran yang mendalam mengenai faktor mana yang mempengaruhi sikap penerimaan pengguna aplikasi Shopee di kalangan Mahasiswa. Metode penelitian menggunakan eksploratory dengan jumlah responden sebanyak 100 orang mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan technology acceptance model (TAM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Perceived usefulness, Perceived ease of use, Attitude, dan Intention to use semua berpengaruh signifikan pada penerimaan penggunaan aplikasi shopee dikalangan Mahasiswa. Hasil pengujian secara keseluruhan yang dihasilkan R squares adjusted sebesar 0.550 atau 55% dengan nilai T value pada Perceived ease of use terhadap Attitude memiliki nilai sebesar 7.861, Perceived ease of useterhadap Perceived ease of use memiliki nilai sebesar 9.777, Attitude terhadap Intention to use memiliki nilai sebesar 8.476 sehingga hasil ini menunjukkan bahwa nilai T value lebih besar dari taraf signifikansi 5% dan dapat diambil kesimpulan bahwa faktor Perceived usefulness, Perceived ease of use, Attitude,  dan Intention to use saling berpengaruh signifikan terhadap pengguna aplikasi Shopee di kalangan Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


R. H. Walker, M. C. Robert, H. Heather, R. H. Walker, M. C. Robert, and H. Heather, “International Journal of Service Industry Management Article information : To cite this document :,” 2006.

H. Kusuma and U. I. Indonesia, “Membangun Kembali Kepercayaan Masyarakat Pasca Pelanggaran dalam Business to Consumer ( B2C ) E-Commerce : Studi Empiris di Yogyakarta,” no. January, 2016.

I. Puspaningtiyas, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE,” 2016.

C. D. T. Wahyuningsuara, R. I. Rokhmawati, and N. H. Wardani, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pengguna Dalam Transaksi Online Pada Shopee,” vol. 2, no. 9, 2018.

Aina, “Kelebihan dan Kekurangan Shopee,” 2016. [Online]. Available: https://portal-uang.com/2016/12/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-shopee.html. [Accessed: 25-Feb-2019].

M. Walfajri, “E-Commerce Shopee Bersiap Rilis Shopee Pay,” 2018.

I. Sidharta and R. Sidh, “Pengukuran Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Sikap serta dampeknya atas penggunaa ulang online shopping pada e-Commerce,” J. Comput. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 92–100, 2014.

A. Defranc et al., “Measuring oral health behaviour in Flemish health care workers: An application of the theory of planned behaviour,” Community Dent. Health, vol. 25, no. 2, pp. 107–114, 2008.

Juliet Bugembe, “Perceived ease of use, Perceived ease of use , Attitude and Actual Usage of a New Financial Management System : Requirements for the Award of a Masters Degree of Science,” no. June, 2010.

B. M. E. de Waal and R. Batenburg, “The process and structure of user participation: A BPM system implementation case study,” Bus. Process Manag. J., vol. 20, no. 1, pp. 107–128, 2014.

C. C. Chang, C. F. Yan, and J. S. Tseng, “Perceived convenience in an extended technology acceptance model,” Mob. Technol. English Learn. Coll. students, vol. 28, no. 5, pp. 809–826, 2012.

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models,” Manage. Sci., vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, 1989.

Venkatesh Viswanath, “Determinants of Perceived ease of use : Integrating Control , Intrinsic Motivation , Acceptance Model,” no. May 2014, 2000.

T. Teo, “Factors influencing teachers’ intention to use technology: Model development and test,” Comput. Educ., vol. 57, no. 4, pp. 2432–2440, 2011.

Shopee, “No Title,” 2019. [Online]. Available: https://shopee.co.id/.

P. A. Pavlou, “10.1.1.86.7139.Pdf,” vol. 7, no. 3, pp. 69–103, 2003.

H. Fakultas Ekonomi, “Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 2, no. 2, pp. 169–178, 2017.

W. W. Chin, “The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling,” no. April, 2014.




DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v12i1.10507 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Lantai 3, Prodi Teknik Informatika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +6281371798903
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter