Journal History

Jurnal Teknik Informatika merupakan jurnal penelitian dan pengembangan ilmu teknik informatika yang dikelola oleh Program Studi Teknik Informatika dan diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi-Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Teknik Informatika terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jumlah artikel pada setiap edisi adalah sepuluh artikel, dimana tiga di antaranya merupakan artikel dari penulis dalam, dan tujuh merupakan artikel dari penulis luar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

  1. Jurnal Teknik Informatika pertama kali diterbitkan pada September 2007 dalam bentuk cetak dengan no P-ISSN : 11979-9160.
  2. Pada bulan Maret 2017 Jurnal Teknik Informatika diterbitkan secara online (Volume 10 No. 1 April 2017) melalui OJS JTI (url : http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti) dengan E-ISSN : 2549-7901.
  3. Jurnal Teknik Informatika pada dasarnya menerima artikel yang mengupas penelitian di bidang informatika, seperti : TIK dan Islam, Software Engineering, System Design Methodology, Data mining, Big Data, Human and Computer Interaction, Mobile Computing, Soft Computing, E-Learning, Multimedia and Image Processing, Parallel/Distributed Computing, Machine Learning and Computational Linguistics.
  4. Jurnal Teknik Informatika telah terindeks di Moraref, Crossref, Portal Garuda, Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), dan Google Scholar.
  5. Terhitung mulai tanggal 9 Juli 2018, berdasarkan SK no. 21/E/KPT/2018 JTI ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah terakreditasi peringkat SINTA 4.
  6. Mulai Volume 12 No. 2, terjadi perubahan pada template paper dan metadata abstrak. Pada template paper untuk Volumer 12 No. 2, bab dasar teori tidak lagi dijelaskan pada bab tersendiri (bab II) tetapi dijelaskan pada bab Pendahuluan (bab I). Selain mengandung penjelasan tentang teori yang digunakan, bab I juga menjelaskan tentang novelty penelitian dan kajian penelitian terkait.
  7. Selain itu, pada saat registrasi artikel ke OJS yang digunakan adalah abstrak dan kata kunci dalam bahasa Inggris. Abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dituliskan pada artikel/paper.