PERSEPSI MASYARAKAT JAKARTA TERHADAP ISLAMIC TOURISM

Ade Suherlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana persepsidan preferensi masyarakat Indonesia khususnya Jakarta terhadap wisata syariah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Survey dilakukan terhadap 300 responden di DKI Jakarta. Teknik sampling yang digunakan ialah non probability sampling dengan simple random. Persepsi dan preferensi masyarakat Jakarta dianalisis dengan analisis gap dan analisis kuadran. Dimensi wisata syariah di Jakarta dengan mengadaptasi indikator yang dikemukakan oleh the Global Muslim Travel Index tahun 201. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa variabel wisata syariah di Jakarta masih rendah kinerjanya padahal tingkat kepentingannya tinggi. Namun pada sisi lain, terdapat variabel dengan tingkat kepentingan tinggi dan juga kinerjanya sudah baik dan menjadi kekuatan wisata syariah yang dimiliki Jakarta. Sementara itu, juga ada variabel yang memiliki tingkat kepentingan yang rendah dan kinerjanya juga dinilai kurang baik yaitu Dining options and assurance, dan Number of hotels, which are promoted as Muslim friendly. Khusus dalam kasus wisata syariah di Jakarta ini tidak ada yang masuk kategori variabel yang memiliki tingkat kepentingan yang rendah namum memiliki kinerja yang baik sehingga dianggap berlebihan.


Keywords


wisata syariah; pariwisata; Muslim; persepsi wisatawan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/thd.v1i1.3324 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats