SISTEM PENJADWALAN KULIAH MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: FAKULTAS KEDOKTERAN DAN KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)

Andrie Tri Laksono, Meinarini Catur Utami, Yuni Sugiarti

Abstract


Pada penelitian ini terdapat permasalahan yang terjadi pada Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) yaitu dengan adanya dosen yang sebagian besar berprofesi sebagai dokter mengakibatkan sulitnya menentukan jadwal kuliah yang tepat sesuai dengan kesiapan waktu dosen mengajar yang sering berubah dan lokal yang tersedia terbatas, selain itu proses pembuatan penjadwalan kuliah yang masih manual mengakibatkan sulitnya mengelola data penjadwalan kuliah. Penelitian ini bertujuan merancang Sistem Informasi Penjadwalan Perkuliahan Berbasis Web dengan Metode Algoritma Genetika yang merupakan sarana terkait proses penentuan jadwal perkuliahan. Sistem ini digunakan untuk FKK UMJ bidang akademik dalam membuat jadwal perkuliahan, serta memudahkan staf akademik, dosen dan mahasiswa mengakses data penjadwalan kuliah. Metode penjadwalan menggunakan Algoritma Genetika, metode pengumpulan data yaitu studi pustaka dan studi lapangan (wawancara dan observasi) dan studi literatur sejenis, dan metode pengembangan sistem menggunakan Rapid Application Development (RAD) dengan pemodelan menggunakan UML, serta menggunakan PHP dengan framework Laravel, MySql, Codelobster sebagai tools dan software dalam pengembangan sistem. Hasil penelitian ini dapat memberikan kemudahan dalam mengelola penjadwalan kuliah yang tepat sesuai kesiapan waktu dosen mengajar dan lokal yang tersedia sehingga membantu proses pembuatan jadwal perkuliahan menjadi lebih baik lagi.

Keywords


Sistem Informasi; Penjadwalan; FKK UMJ; Perkuliahan; Algoritma Genetika; Rapid Application Development (RAD); PHP; Laravel; MySql; Codelobster; UML.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/sijsi.v9i2.7647 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.