Gaya Belajar Anak-Anak Dengan Pendekatan Games Edukasi Di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus di Desa Pucuk Kec. Pucuk Kab. Lamongan Jawa Timur

Authors

  • Siti Ngaiinur Rohmah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Muhammad Irfan Najmi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Adam Malik Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Baqin Al-Karim Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Dinna Fi Sabilla Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Afifah Umudini Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Naafi Farah Aziizah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Amalia Sahida Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Muhammad Jibril Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Jul Karnaidin Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)

DOI:

https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23346

Abstract

Covid-19 telah membawa dampak serius dalam dunia Pendidikan. Selama pandemic siswa belajar dengan sistem pembelajaran daring. Banyak siswa yang merasakan kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan pendekatan belajar yang menyenangkan siswa, yaitu dengan game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa dengan pendekatan games edukasi pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nadhatul Ulama Desa Pucuk, Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan normative empiris. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nadhatul Ulama Desa Pucuk, Kabupaten Lamongan tahun pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pada siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nadhatul Ulama Desa Pucuk, Kabupaten Lamongan menunjukkan bahwa (1) 47.3% siswa memiliki gaya belajar dominan berupa visual, 63.9% siswa memiliki gaya belajar dominan berupa auditori, dan 83.3% siswa memiliki gaya belajar dominan berupa kinestetik.  Dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nadhatul Ulama Desa Pucuk, Kabupaten Lamongan cenderung memiliki gaya belajar kinestetik – auditori. (2) Para guru yang mengajar menanggapi keberkesanan dari kegiatan penyuluhan gaya belajar siswa dengan pendekatan games edukasi dan sepakat tentang pentingnya mengetahui gaya belajar siswa agar dapat menerapkan metode dan pendekatan pembelajaran yang efektif dan efisien, di antaranya melalui pendekatan games edukasi.

Downloads

Published

2021-11-29

Issue

Section

Articles