KOMPETENSI DOSEN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN: TELAAH ATAS KONSTRUKSI SOAL UAS PERSPEKTIF HIGHER EDUCATION

Supriyadi Ahmad

Abstract


 

Abstract: Competency of Lecturers at Islamic State University (UIN) Syarif Hidayatullah  Jakarta in implementing the Teaching Evaluation. Before teaching, the important things that lecturer should do are to design teaching’s competence and decide the topics of the subject, choose the method and make authentic evaluation. In deciding teaching’s competence, lecturer’s competence in constructing the material of final examination (UAS) is essential. This article is aimed to identify the form of aforementioned materials constructed by the lecturer and to evaluate the conformity the materials with the “higher education” principles and also to identify efforts’ of leader in university in increasing lecturer’s competence. Population of the Research are all the lecturer of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, academic year 2013/2014 110 lecturer from ten Faculties (13,10 %) with the purposive sampling technic and quota sampling. This research use descriptive analysis method with content analysis approach.

Key Words: lecturer’s competence, material of final examination’s construction and higher education

 

Abstrak: Kompetensi Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Sebelum melakukan pembelajaran hal penting yang harus disiapkan dosen adalah merumuskan kompetensi pembelajaran, menentukan materi, memilih metode yang tepat, dan melakukan evaluasi autentik. Saat menentukan evaluasi pembelajaran, kompetensi dosen dalam mengkonstruksi soal UAS menjadi sangat urgen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk soal yang dikontruksi oleh dosen, mengevaluasi kesesuaian butir-butir soal tersebut dengan kaidah-kaidah higher education, dan mengidentifikasi usaha-usaha pejabat dalam peningkatan kompetensi dosen. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tahun akademik 2013/2014 yang tersebar di sebelas fakultas yang berjumlah 833 orang (527 laki-laki dan 306 perempuan), dengan sampel sebanyak 110 orang (13,10 %) dengan teknik Purposive Sampling dan Quota Sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis dengan pendekatan content analysis.

 

Kata Kunci: Kompetensi dosen, Konstruksi Soal, dan Higher Education


DOI: 10.15408/sjsbs.v2i1.2250


Full Text:

PDF

References


Angelo, Thomas A., dan Cross, K. Patricia. Classroom Assessment Techniques: A Handbook for College Teachers, Second Edition, San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1993.

Ahmad, Supriyadi. Manajemen Media Pembelajaran di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Perspektif Analisis SWOT, Hasil Penelitian Individual, Jakarta: Lemlit UIN Jakarta, 2010.

Arifin, Zainal. "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran (Teori dan Praktik)", Makalah dipresentasikan dalam Pelatihan Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia—UPI, 2009.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Asnawir dan Usman, M. Basyiruddin. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Atmosudirdjo, Slamet Prajudi. Dasar-Dasar Ilmu Administrasi, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.

Azizi, A. Qodri. Pendidikan (Agama) Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan, Pandai, dan Bermanfaat), Semarang: Aneka Ilmu, 2002.

Azra, Azyumardi. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Kompas, 2002.

Cranton, Patricia. Planning Instruction for Adult Learners, Toronto: Wall & Emerson, Inc. 1989.

----------, Working With Adult Learners, Dayton, Ohio: Wall & Emerson, Inc, 1992.

Centra, John A. Reflective Faculty Evaluation: Enhancing Teaching and Determining Faculty Effectiveness, San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1993.

Data Dosen dan Mahasiswa FSH Tahun Akademik 2008/2009, disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum pada Rapat Dosen Tetap FSH hari Rabu, 25 Pebruari 2009 di FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Depdikbud dan Balai Pustaka. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Balai Pustaka, 1991.

DePorter, Bobbi dan Hemadcki, Mike. Quantum Learning: Mempersiapkan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Terjemahan Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa, 1999.

DePorter, Bobbi, dan Readon, Mark, dan Nourie, Sarah Singer. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Terjemahan Ary Nilandari, Bandung: Kaifa, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Echols, Jhon M. dan Shadily, Hassan. An English – Indonesian Dictionary, Jakarta: PT Gramedia, 2003.

Fakultas Syariah dan Hukum. Rencana Strategis Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2010-2014: Unggul, Handal, dan Terdepan, Jakarta: FSH, 2010.

----------, Kompilasi Soal Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010 Program Reguler: Program Studi Ahwal Syakhsiyyah, Konsentrasi Peradilan Agama dan Administrasi Keperdataan Islam, Jakarta: FSH, 2010.

----------, Kompilasi Soal Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010 Program Reguler: Program Studi Jinayah Siyasah, Konsentrasi, Pidana Islam dan Siyasah Syar'iyyah, Jakarta: FSH, 2010.

-----------, Kompilasi Soal Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010 Program Reguler: Ilmu Hukum, Jakarta: FSH, 2010.

---------, Kompilasi Soal Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010 Program Reguler: Program Studi Muamalat, Konsentrasi Perbankan Syariah, Asuransi Syariah, dan Ziswaf, Jakarta: FSH, 2010.

----------, Kompilasi Soal Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010 Program Reguler: Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum, Konsentrasi Perbandingan Madzhab Hukum, Perbandingan Madzhab Fikih, dan Perbandingan Madzhab Fikih Khusus, Jakarta: FSH, 2010.

---------, Laporan dan Evaluasi Fakultas Syariah dan Hukum: Menuju FSH yang Unggul, Handal, dan Terdepan dalam Bidang Ilmu Syariah, Ekonomi Islam, dan Hukum, disampaikan oleh Dekan FSH pada Rapat Dosen FSH 23 Ramadhan 1413 H / 02 September 2010, Jakarta: FSH, 2010.

Fajar, A. Malik. Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Fauzi, Anis, Lugowi, dan Rifyal Ahmad. Pembelajaran Mikro: Suatu Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Diadit Media, 2009.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Hamruni. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Hasibuan, H, Melayu, S. P. Manajemen: Dasar-Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.

Herujito, Yayat M. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Grasindo, 2001.

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nu, M., dan Ismono. Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: University Press, 2003.

Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1979.

Kadarman, AM. Pengantar Ilmu Manajemen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Kertonegoro, Sentanoe. Manajemen Organisasi, Jakarta: Widya Press Jakarta, 1994.

Koswara, HS, dan Nuryntini, Ade Yeti. Manajemen Lembaga Pendidikan, Cet. I, Bandung: Patragading, 2002.

McKeachie, Wilbert, Teaching. Tips : Strategies, Research, and Theory for College and University Teachers, Toronto: D.C. Heath and Company, 1994.

Meire, Dave. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, Terjemahan Rahmani Astuti, Bandung: Kaifa, 2003.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Munthe, Bermawy. Banyak Cara Mengajar (Strategi Mengajar), Yogyakarta: Adelia Grafika, 2013.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Bogor: Kencana, 2003.

----------, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Nasution, Harun, dan Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Ensiklopedi Islam Indonesia, Jakarta: Djambatan, 1992.

Ory, John C, dan Ryan, Katherine E. Tips for Improving Testing and Grading, Volume 4, London: Sage Publications International Educational Publisher, 1993.

Pidarta, Made. Perencanaan Pendidikan Partisipatoris dengan Pendekatan Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, Jakarta: Dekdikbud dan Balai Pustaka, 1999.

Rakhmat, Jalaluddin. Belajar Cerdas: Belajar Berbasis Otak, Bandung: Mizan Learning Center, 2005.

Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Depdikbud, 1982.

Semiawan, Conny, dkk. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar, Jakarta: Gramedia, 1987.

Sidi, Indra Djati. Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Paramadina dan Logos Wacana Ilmu, 2001.

Silberman, Mel. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject, Boston: Allyn and Bacon, 1996.

Sudjana, Nana, dan Rivai, Ahmad. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 1984.

Suma, M. Amin, FSH UIN Jakarta: Potret, Keadaan, dan Prospeknya. Menjadikan FSH-UIN Jakarta Kiblat Fakultas Syariah dan/atau Hukum, Jakarta: FSH Press, 2013.

Suparman, Atwi, Desain Instruksional, Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud, 1997.

Soetjipto dan Kosasi, Raflis, Profesi Keguruan, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Suryabrata, Sumadi. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Andi Offset 1983.

Suryosubroto, B. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pedoman Akademik Program Strata 1 Tahun Akademik 2012/2013, Jakarta: Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, 2012.

----------, Pedoman Akademik Program Strata 1 Tahun Akademik 2013/2014, Jakarta: Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, 2013.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jurnal Wisuda Edisi Wisuda ke-80, 10 Juli 2010 / 27 Rajab 1413 H: Sewindu UIN Jakarta, Persembahan untuk Bangsa dan Umat, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.

---------, Catatan Sewindu UIN Jakarta: Prestasi, Peluang, dan Tantangan, Jakarta: UIN Press, 2010.

Zainul, Asmawi dan Nasoetion, Noehi, Penilaian Hasi Belajar, Jakarta: Pusat Antar Universitas Dirjen Dikti Depdikbud, 1997.

RUJUKAN DARI INTERNET :

http://en.wikipedia.org/wiki/Higher_education, diunggah tanggal 13 Juli 2010.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_tinggi.

http://id.wikipedia.org/wiki/Evaluasi#cite_note-Program-3,

http://www.google.co.id/#q=evaluasi+pembelajaran+adalah&hl=id&ei=zF5WTMCCEsaXrAffp-TyAw&start=160&sa=N&fp=d919f43892e098b6 (Diunggah penulis tanggal 2 Agustus 2010).




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v2i1.2250 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.