Kecebong Versus Kampret; Slogan Negatif Dalam Komunikasi Politik Pada Pemilihan Presiden 2019

Nur Rohim Yunus, Ida Susilowati, Zahrotunnimah Zahrotunnimah

Abstract


Abstrak:

Kampanye pemilihan presiden 2019 tidak luput dari penggunaan slogan negatif. Hal tersebut merupakan propaganda yang dilakukan oleh para pendukung militan dari kubu pendukung Jokowi dan Kubu Pendukung Prabowo. Namun ironinya, slogan ini seakan membelah dua kubu besar rakyat Indonesia dengan nama hewan yang tak layak disematkan pada manusia, yaitu Kecebong dan Kampret. Artinya apabila bukan Kecebong maka dipastikan dia adalah Kampret. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pada beberapa literatur dan media massa yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa slogan ini sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia, khususnya pada beberapa media sosial seperti face book, Instagram, twiter dan lain sebagainya. Padahal jelas dalam perspektif etika publik hal ini sangat tidak sesuai dengan norma yang hidup pada masyarakat Indonesia.

Kata Kunci: Kecebong, Kampret, Slogan Negatif

 




DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i4.13747 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.