EKSPLOITASI PEREMPUAN DI MEDIA MASSA PERSPEKTIF ALQURAN

Ahmad Hamdani

Abstract


Dewasa ini, perempuan masih dianggap sebagai manusia kelas dua (the second human) yang berada di bawah superioritas kaum laki-laki. Kondisi tersebut tergambar pada praktik di media massa. Kecanggihan sains dan teknologi, menjadikan perempuan sebagai objek paling ampuh terutama dalam meraup keuntungan yang melimpah. Hal ini tercermin dengan adanya 45 bias gender yang ada di media massa dari pelbagai macam sektor, mulai dari perawatan tubuh, minuman, bumbu dapur, obat, hingga otomotif. Karakter media massa seperti ini memunculkan pertanyaan besar dalam konteks sosial-masyarakat, bahkan kemudian membentuk kesimpulan bahwa ternyata perempuan identik dengan perilaku yang negatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana datanya diambil dari observasi dan studi kepustakaan. Analisis teks yang digunakan bersifat kualitatif, yaitu merupakan proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang mudah dipahami. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengkaji dan memberikan interpretasi dalam menjabarkan kemelut gender terhadap eksploitasi perempuan di media massa dengan bersumber pada pemahaman Alquran.

Keywords


Perempuan; Alquran; Eksploitasi; Media Massa

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/harkat.v13i1.7720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)