PENGEMBANGAN DESAIN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PRA JABATAN PADA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL (IPS)

Iwan Purwanto

Abstract


Abstract. This study aims to provide policy direction on how to develop PPG Pre-service programs for Social Sciences Teachers at the Department of Social Sciences Education. The design of the Pre-service PPG program for Social Sciences teachers, it is expected that the Social Sciences Education Department can propose to the government to be appointed and appropriate and be able to organize the Pre-service PPG Programs for Social Sciences Teachers. The method used in this research is the research and development (R&D) method, the process used to develop and validate educational products. The policy analysis, comparative studies, and then developing the Pre-service PPG program design for Social Sciences Teachers. After a rough development, consultations with education experts and PPG Pre-service implementers so that the PPG Regular Pre-Position governance is better organized. The next stage is the validation test d education experts, PPG Pre-service managers. The next stage is the revision stage of the design of the Regular Pre-service PPG program for Social Sciences Teachers, then the final stage is the documentation of the proposed Pre-service PPG programs for Social Sciences Teachers at the Department of Social Sciences Education. Development of the opening design of the PPG Pre-service IPS Study Program teacher at the Social Sciences Department of FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, in general has had a good preparedness, this is based on the provisions governing the opening of PPG Regular Pre-service Study Programs, including: (1) readiness to organize the PPG Study Program Regular Pre-service Study Program, namely institutions, human resources and facilities and infrastructure; (2) curriculum and learning system, namely determining the profile of PPG graduates in the field of study, formulation of CPL in the fields of PPG study, curriculum structure, learning systems and assessments in PPG study programs ;; (3) the financing system, and (4) quality assurance. Based on the above provisions the Department of Social Sciences Education in general can prepare themselves, only constrained student dormitories are still under construction and the most important thing is to prepare yourself to become a regular PPG Pre-service organizer in a religious ministry environment, while still providing opportunities for the LPTK to include characteristics that become its superiority.

Abstrak. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan arah kebijakan bagaimana pengembangan desain program PPG Pra Jabatan untuk Guru IPS pada Jurusan Pendidikan IPS. Desain program PPG Pra Jabatan untuk Guru IPS diharapkan Jurusan Pendidikan IPS bisa mengusulkan kepada pemerintah untuk ditunjuk dan layak serta mampu menyelenggarakan Program PPG Pra Jabatan untuk Guru IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan mevalidasi produk pendidikan. Analisis kebijakan, studi banding, kemudian dilakukan pengembangan desain program PPG Pra Jabatan untuk Guru IPS. Setelah dilakukan pengembangan kasar, dikonsultasikan dengan pakar pendidikan dan para pelaksana PPG Pra Jabatan sehingga tatakelola PPG Pra Jabatan Reguler lebih tertata dengan baik. Tahap selanjutnya adalah uji validasi d pakar pendidikan, pengelola PPG Pra Jabatan. Tahap selanjutnya adalah tahap revisi desain program PPG Pra Jabatan Reguler untuk Guru IPS, kemudian tahap akhir adalah tahap pendokumentasian usulan program PPG Pra Jabatan untuk Guru IPS pada Jurusan Pendidikan IPS. Pengembangan desain pembukaan Program Studi PPG Prajabatan guru IPS pada Jurusan Pendidikan IPS FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, secara umum telah memiliki kesiapan yang baik hal ini didasarkan, pada ketentuan yang mengatur pembukaan Prodi PPG Prajabatan regular antara lain: (1) kesiapan penyelenggaraan Program Studi PPG Program Studi Prajabatan Regular,  yaitu  kelembagaan,  SDM  dan  sarana  dan  prasarana;;  (2)  kurikulum  dan  sistem pembelajaran, yaitu penetapan profil lulusan bidang studi PPG, perumusan CPL bidang studi PPG, struktur kurikulum, sistem pembelajaran dan penilaian dalam program studi PPG;; (3) sistem  pembiayaan;;  dan  (4)  penjaminan  mutu.  Berdasarkan  ketentuan  diatas  Jurusan Pendidikan IPS secara umum bisa mempersiapkan diri, hanya terkendala asrama mahasiswa yang masih dalam tahap pembangunan. Dengan demikian yang terpenting adalah mempersiapkan diri untuk menjadi penyelenggara PPG Prajabatan regular di lingkungan kemetrerian agama, dengan tetap memberikan kesempatan kepada LPTK memasukan  ciri khas yang menjadi keunggulannya.


Keywords


Pengembangan Desain Pendidikan Profesi Guru; Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial; Development of Teacher Professional Education Design; Department of Social Education

References


Ningsih, Mega Prani, Achmad Fatchan, Singgih Susilo (2016) Program PPG Untuk Membangun Kompetensi Guru Geografi (Studi Kasus Di Universitas Negeri Malang). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 1, Nomor 10, Oktober 2016

Panduan Penyelenggaraan Program PPG Kemenristekdikti 2017 Pedoman Pembukaan PPG Di KPTK Kemenristekdikti 2017

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 8 Tahun 2009 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Pra-­Jabatan.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Permendikbud Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Permendikbud Nomor 87 Tahun 2013 Tentang Program Pendidikan Guru Pra Jabatan

Permendiknas Nomor 126 T ahun 2010 tentang Penetapan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara Pendidikan Profesi Guru bagi Guru dalam Jabatan

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Permendiknas Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Program Pendidikan Profesi Guru PraJabatan

Permendiknas Nomor 9 Tahun 2010 tentang Program PPG dalam Jabatan

Robandi, Babang (2015) Model Pembelajaran Partisipatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar UPI, Jilid 3, Nomor 1, Januari 2015. UPI


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/mimbar.v36i2.14181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.