KANDUNGAN NILAI DALAM TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL (CORE ETHICAL VALUES)

Deni Lesmana

Abstract


Kandungan Nilai dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Tujuan pendidikan nasional di Indonesia setidaknya harus memperhatikan beberapa landasan pendidikan, diantaranya; landasan relIgius, landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan psikologis, landasan ilmiah dan teknologi, serta landasan yuridis atau hukum sehingga tujuan pendidikan nasional akan mengandung nilai yang berguna dalam mengarahkan perjalanan pendidikan nasional kedepan. Nilai yang terkandung dalam rumusan tujuan pendidikan nasional akan terus berubah sesuai dengan rumusan tujuan pendidikan nasional yang dibuat, walaupun tujuan pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu tidak pernah bergeser dari pandangan hidup Pancasila dan UUD 1945. Perbedaannya hanya terlihat dari adanya penekanan untuk setiap tahap yang disesuiakan dengan tuntutan perkembangan kehidupan dalam masyarakat dan pembangunan di negara Indoensia.

References


Budimasyah, Dasim. Ilmu dan Aplikasi pendidikan (Politik Pendidikan). Bandung: PT Imperial Bhakti Utama, 2009.

Gunawan, Ari H. Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara, 1986.

Kandungan Nilai dalam Tujuan Pendidikan Nasional 225.

Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam, , Jakarta: Pustaka Al- Husna, 1992.

Marimba, Ahmad D. Pengantar filsafat pendidikan. Bandung: al-Maarif. 1989.

Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, 2007, Bandung: PT Remaja Rosadakarya, 2007.

Tafsir, Ahmad. Filsafat pendidikan Islam, , Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010.

Undang-Undang Republik Indonesia No 2 Tahun 1989 tentang pasal 4 tentang tujuan pendidikan Nasional.

Yudionto, Suroso Adi. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera Bandung, 200


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v17i1.8103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.