IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM

Abdul Basyit

Abstract


Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Peningkatan mutu pendidikan Islam merupakan satu langkah awal penting yang harus dilakukan. Peningkatan mutu harus dilakukan secara menyeluruh dengan mempergunakan dan memberdayakan semua aspek sumber daya yang ada. Strategi dasar untuk meningkatkan mutu secara berkesinambungan yaitu melalui peningkatan seluruh objek garapan dalam manajemen pendidikan Islam, dimulai dari peningkatan tenaga kependidikan, peserta didik, kurikulum, proses pembelajaran, sarana prasarana pendidikan, keuangan dan hubungan dengan masyarakat. Proses pendayagunaan sumber daya manusia maupun sumber-sumber lainnya harus mendukung pencapaian tujuan secara efektif dan efisien berdasarkan ukuran, kadar, ketentuan dan penilaian tentang kualitas sesuatu barang maupun jasa (produk) sesuai dengan kepuasan pelanggan. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan orang lain secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat.

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010, Cet. II

Ali, Attabik, Kamus Inggris-Indonesia-Arab, Yogyakarta: Mukti Karya Grafika, 2003.

al-Qardhawi, Yusuf, Tarbiyah al-Islamiyah wa Madrasah Hasan al-Banna, diterjemahkan oleh Bustani A. Gani, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan

al-Banna, Jakarta: Bulan Bintang, 1980, Anshari, Endang Saifuddin, Pokok pokok Pikiran tentang Islam, Jakarta: Usaha Interprises, 1976.

Assegaf, Abd. Rachman, Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011 Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.

Azra, Azumardi, Renaisans Islam Asia Tenggara: Sejarah Wacana dan Kekuasaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999.

Bastian, Aulia Reza, Reformasi Pendidikan: Langkah-langkah Pembaharuan dan Pemberdayaan Pendidikan Dalam Rangka.

Desentralisasi Sistem Pendidikan Indonesia, Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama, 2002.

Eliyasin, Muhammad dan Nanik Nurhayati, Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2012.

Farodis, Zian, Panduan Manajemen Pendidikan ala Harvard University, Yogyakarta: Diva Press, 2011

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung:Remaja

Rosdakarya, 2001.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2010.

Hasibuan, Malayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam 209.

Jalal, Abd al-Fatah, Min al-Ushul al-Tarbawiyyah fi al-Islam, Mesir: Dar al-Kutub al-Mushriyyah, 1977.

Komariah. Aan, dan Cepi Triatna, Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Langgulung,Hasan, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma`arif, 1980.

----------------, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: PT Pustaka Al-Husna Baru, 2003.

Makawimbang, Jerry H., Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta, 2011.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Muriah, Siti, Kata Pengantar Dalam Manajemen Pendidikan Islam; Konstruksi Teoritis dan Praktis, Malang & Yogyakarta: Aditya Media Publishing, 2012.

Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group, 2008, Cet ke.3

----------------, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Partanto Pius, dan Dahlan Albari, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka, 2001.

Pius, A Partanto, dan Dahlan al Bary. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola, 1994.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2008. Salim, Peter Salim, The Contemporary English Indonesian Dictionary, Jakarta: Modern English Press, 1987.

Sallis, Edward Sallis, Total Quality Management in Education, terj. Ahmad Ali Riadi & Fahrurozi, Yogyakarta: Ircisod, 2012.

Sukarno, Budaya Politik Pesantren Perspektif Interaksionisme Simbolik,Yogyakarta: Interpena, 2012.

Sulistyorini, Manejemen Pendidikan Islam (konsep, strategi dan aplikasi),Yogyakarta :TERAS, 2009.

Suryobroto, B, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rieneka Cipta, 2004.

Tobrani, Pendidikan Islam; Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualis, Malang: UMM Press, 2008.

Zamroni, Dinamika Peningkatan Mutu, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.