REVITALISASI PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH

Syamsul Aripin

Abstract


Revitalisasi Pendidikan Islam Pada Madrasah. Upaya merekosiliasi ajaran agama dengan era modern terus dilakukan kaum muslimin di madrasah. Hal ini untuk menunjukkan bahwa Islam tidak bertentangan dengan era modern. Sebab di era modern kehidupan manusia akan ditandai oleh dua kecendrungan yang saling bertentangan dengan Islam, yakni; ilmu pengetahuan vs iman takwa, ajaran vs sekulerisasi serta spiritual vs material. Untuk itu pendidikan Islam pada madrasah juga harus meningkatkan peranannya sebagai lembaga pendidikan Islam untuk merespon kemajuan modernisasi saat ini, misalnya dengan merevitalisasi sistem pendidikannya yang pro perubahan sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mempersiapkan lulusan madrasah yang handal sehingga dapat mengimbangi arus modernisasi yang ada dan tidak ketinggalan zaman dengan tidak meninggalkan program pendidikan madrasah yang sudah ada sejak dahulu dan cocok dengan era modern pada abad 21 ini.

References


Abdullah, Ibrahim, Suparman, Ma’had Aly, Profil Pendidikan Tinggi Pondok Pesantren di Indonesia, Yogyakarta : RDI Indonesia.

Al-Attas, Naquib, Muhammad, Syed, Islam and Seculerisme, Kuala Lumpur : Muslim Youth Movement of Malaysia, 1979.

Ashrohah, Harun, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu, 2001, Cet. Ke-2.

Azra, Azyumardi, Esei-esei Intelektual Islam, Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu, 1998, Cet. Ke-1.

Revitalisasi Pendidikan Islam pada Madrasah 185

Azra, Azyumardi, Modernisasi Pendidikan Islam dan Epistemologi Ilmu, Makalah pada peringatan 70 tahun Pondok Modern Gontor, 31 Agustus 1996

Binder, Leonard, Islamic Liberalism, Chicago : The Universirty of Chicago Press, 1988.

Chapra, M. Umar Islam dan Tantangan Ekonomi Islamisasi Ekonomi Kontemporer, Surabaya : Risalah Gusti, 1999, Cet. Ke-1.

Esposito, John L. (ed), The Oxford Encyclopedia of the Modern World, London : Oxford University Press, 1995, Vol. 2.

Khayyal, Karîm, Abdul, Muhammad, Syarh wâ Tahlîl Ushûl al-Isyrîn, Dâr al-Dakwah, Iskandariâh, Cairo, tt.

Kurzman, Charles, (ed), Modernist Islam 1840-1940; A Source Book, Oxford: Oxford University Press, 2002.

Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta : Paramadina, 1997, Cet. Ke-1.

----------------, Masyarakat Religius dan Dinamika Industrialisasi dalam Islam. Kemodernan dan keindonesiaan, Bandung : Mizan, 1987.

Masud, Khalid, Muhammad“Religius Identity and Mass Education”, dalam Johan H. Meuleman (ed), Islam in the Era Globalization, Muslim Attitudes Towards Modernity and Identity, Jakarta : INIS, 2001.

Mastuhu, Memberdayakan Pendidikan Islam, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muhaimin, et.al., Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Nasution, Bakti, Hasan, Filsafat Umum, Jakarta : Gaya Media Pratama, 2001.

Nasichah, Da’wah Pada Masyarakat Modern Problem Kehampaan Spiritual, Jakarta : Da’wah : Jurnal Kajian Da’wah dan Budaya, Vol. X No 2. Desember 2003.

Nasution, Harun, Perlunya Menghidupkan Kembali Pendidikan Moral, Jakarta : Konsorsium Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi Umum, DIKTI Depdikbud, 1995.

Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1990-1942, Jakarta : LPE3S, 1980.

Peraturan Pembinaan Madrasah dalam Rangka Otonomi Daerah, Depag RI: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001.

Putro, Suadi, Muhammad Arkoun, Tentang Islam dan Modernitas, Jakarta : Paramadina, 1998, Cet. Ke-1.

Qomar, Mujamil, Pesantren dan Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta : Eralngga, tt.

Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2001.

Rahman, Fazlur, Islam and Modernity, Transformation of an Intellectual Tradition Chicago: The University of Chicago Press, 1982.

Rochaety, Eti, Rahayuningsih Yanti, Gusti, Prima, Pontjorini Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2006, Cet. Ke-11.

Rosenblith, Suzanne dan Bailey, Bea, “Comprehensive Religious Studies in Public Education : Educating for a Religiously Literate Society,” Jurnal Educational Studies (American Educational Studies Association) 42 No 2 2007

Syam, M. Noor, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila, Surabaya : Usaha Nasional, 1988.

Tahir, Tarmidzi, Umat Islam dan Tantangan Dunia Modern, (Center For Moderate Muslim Indonesia), Diakses Lewat Internet Pada Tanggal 23 Juli 2008.

Tim Perumus Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Al-Islam dan IPTEK, Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1998.

Wahid, Abdurrahman, Agama dan Modernisasi adalah Satu”, dalam majalah Komunikasi Ekaprasetia Pancakarsa, No. 40/tahunVI/1985, 47.


Full Text: PDF

Indexed by:

/public/site/images/kordinat/googlescholar_01/public/site/images/kordinat/academia_750/public/site/images/kordinat/one_search_1014

 

 

Secretariat:
Building Kopertais Region I DKI Jakarta.
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta. Building Kopertais I 5th Floor, Jl, Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Jakarta, Indonesia 15412

Phone: +62 21 7405772
Fax: +62 21 7405772

Email:  kordinat@uinjkt.ac.id
Website Kopertais: http://kopertais.uinjkt.ac.id

 

© Copyright 2017. Kopertais Wilayah I DKI Jakarta