MENJAMA’ SHALAT TANPA HALANGAN: ANALISIS KUALITAS DAN KUANTITAS SANAD HADITS

Ali Mutakin

Abstract


Menjama’ Shalat Tanpa Halangan:Analisis Kualitas dan Kuantitas Sanad Hadits. Shalat merupakan bentuk ibadah badaniyah yang pelaksanaannya memiliki waktu yang sudah ditentukan. Meskipun demikian, tidak semua umat Muslim bisa melaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jamak merupakan solusi akan hal demikian. Jamak merupakan bentuk rukhshah (keringan) yang pelaksanaannya harus berdasarkan udzur yang diperbolehkan oleh syara’. Hadits riwayat Abu Daud No. 1025 dan juga Hadits-Hadits pendukung lainnya, kalau dipahami secara tekstual akan didapatkan kesimpulan kebolehan jamak shalat tanpa ada udzur syar’i, yang demikian akan bertentangan dengan QS. Al-Nisâ’ [3]: 103 yang menyatakan bahwa shalat merupakan bentuk kewajiban yang ditetapkan bagi orang-orang yang beriman yang waktunya telah ditentukan. Sehingga solusi yang paling tepat adalah Hadits yang secara tekstual bertentangan dengan ayat Al-Qur’an tersebut bisa dikompromikan (al-jam‘u wa al-tawfîq) dengan cara mentakwil Hadits tersebut kepada makna yang lebih sesuai atau sejalan dengan makna ayat Al-Qur’an (haml al-dzâhir ‘ala al-muhtamal al-marjûh).

References


al-‘Azîm Abadî, Abi ‘Abd al-Rahmân Syaraf al-Haq.‘Aûn al-Ma’bûd ‘Alâ Syarh Sunan Abî Daud. Beirut: Dâr Ibn Hazm, 2005, Jilid I.

al-Anshârî, Syams al-Dîn Muhammad ibn Ahmad al-Ramlî.Ghâyah al-Bayân Sharh Zubad ibn Ruslân. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiah, 2008.

al-Bâjurî, Syaikh Ibrâhîm.Hâsyhiyah al-Bâjurî ‘Alâ ibn al-Qâsim al-Ghazzî.tk.tp.tt., juz I.

al-Dimyathî, Muhammad Syathâ. I’ânah al-Thâlibîn. Indonesia: Dar Ihya, Juz I, tt.

al-Ghazzî, Syaikh Muhammad ibn Qâsim.Syarh Fath al-Qarîb al-Mujîb. tk. tp. tt

al-Jazîrî, ‘Abd. al-Rahmân. al-Fiqh ‘Alâ al-madzâhib al-Arba‘ah. Istanbul: Hakikat Kitabevi, Juz. II, 2004.

Al-Khithâbî, Al-Imam Abi Sulaimaân Ahmad bin Muhammad. Ma’âlim al-Sunan. tt.: tp. Juz 1, 1932.

al-Qurthubi,Al-Hâfidz Abi Al-‘Abbâs Ahmad bin ‘Umar bin Ibrâhim.Al-Mufhim Limâ Asykala Min Talkhîsh Kitab Muslim. Beirut: Dâr Ibn Kathir, Jilid 2, 1997.

Ibn Rusyd. Bidayah Al-Mujtahid alih bahasa M.A Abdurrahman dan A. Haris Abdullah. Semarang: Asy-Syifa’, 1990.

Lidwa Pusaka i-Software - Kitab 9 Imam Hadist.

Yusqi, Moh. Ishom. Metodologi Penyelesaian Hadits Kontradiktif. Ciputat: Sukses Bersama, Cet. ke-V, 2010


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v16i1.6456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.