MENAKAR STANDAR MADRASAH BERMUTU

Rasi'in Rasi'in

Abstract


Menakar Standar Madrasah Bermutu. Sebagai lembaga pendidikan Islam, madrasah mengalami pasang dalam perjalannya, terutama jika dilihat dari kedudukannya dalam perundangan. Sebelumnya madrasah merupakan lembaga pendidikan kelas dua sebagai subsistem pendidikan nasional. Namun semenjak lahirnya Undang-undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, madrasah memiliki kedudukan yang sama dengan lembaga pendidikan umum pada umumnya. Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Madrasah Ibtidaiyah sama dengan SD, Madrasah Tsanawiyah sama dengan SMP, dan Madrasah Aliyah sama dengan SMA. Tamatan Ibtidaiyah dapat melanjutkan ke SMP, tamatan Madrasah Tsanawiyah dapat melanjutkan ke SMA, dan demikian sebaliknya, yang pada masa-masa sebelumnya tidak seperti itu. Dengan kata lain sebenarnya madrasah itu adalah sekolah umum plus. Dari sisi ini, sebenarnya madrasah memiliki modal yang lebih baik atau lebih maju disbanding dengan sekolah umum untuk menjadikan dirinya bermutu. Sekolah bermutu dapat dilihat dari visi, misi yang jelas, pengelola yang professional dan memiliki perencanaan yang bagus

References


Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Prenada Media Group, 2009), cet. ke-1

Edward Sallis, Total Quality Management in Education, (Philadelpia London, Kogan Page Limited, 1993), cet. ke-1.

Nata, Abuddin, Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006), cet. ke-1

_____, Membangun Keunggulan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2008), cet. ke-1

Shaleh, Abdul Rachman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa; Visi, Misi, dan Aksi, (Jakarta: Raja Grafindo Persadada, 2004), cet. ke-1.

Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Logos

Wacana Ilmu, 2001), cet. ke-1.

_____, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Logos

Wacana Ilmu, 2005).

Jerome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu; Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Penerjemah Yosal Iriantara, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007), cet. ke-4.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v15i1.6308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.