Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pelajaran Matematika
Abstract
Keywords
References
Afriansyah, E. A. (2016). Enhancing Mathematical Problem Posing via Realistic Approach. International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS.
Afriansyah, E.A., Puspitasari, N., Luritawaty, I., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series 1402 (7), 077097.
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 cihampelas. Journal On, 01(02), 382–389.
Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.
Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran, 9(1), 16–22.
Egok, asep sukenda. (2017). kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186–199.
Fajriyah dan Supardi. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika. Edu Research, Vol. 1:169-195. Jakarta: Unindra Press.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal On Education, 01(02), 288–296.
Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266.
Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1).
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.
Maharani, A. (2017). Analisis Pengembangan Soal Tes Evaluasi Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Siswa SMK pad Materi Geometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3).
Muhammad Wadji, Andi Asmawati Aziz, dan Rosdiana Ngitung. 2018. “Hubungan Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Interpersonal, dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makasar”, UNM Journal of Biological Education, Vol-2 (1).
Munahefi, D. N., Waluya, S. B., & Rochmad. (2018). Analysis of Creative Mathematic Thinking Ability in Problem Based Learning Model Based on Self- Regulation Learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1–5.
Nisa, C. U., & Disemadi, H. S. (2020). Yurisdiksi Kriminal Terhadap Black Flight Di Ruang Udara Wilayah Indonesia. SASI, 26(3), 365-379.
Novi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
Rahmi, I. (2015). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JKPM IAIN, 1(2), 3–5.
Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 13–27.
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa. Vol. 5, No. 2 Hal. 75-84.
Syasmita I, D. Setiawan, D. Saragi. 2019. The Influence of Ethno Pedagogy Approach and Interpersonal Intelligence on the Results of Civic Education Learning in Pelangi Elementary school Medan. BirLE Journal. 2 (4): 603-615.
Wijaya, A. (2018). How do open-ended problems promote mathematical creativity? A reflection of bare mathematics problem and contextual problem. Journal of Physics: Conf. Series 983 (2018) 012114, International Conference on Mathematics, Science and Edu tion 2017 (ICMSE2017).
DOI: 10.15408/kordinat.v20i2.21408
Refbacks
- There are currently no refbacks.