Hubungan MPLS Dalam Mengurangi Kasus Bullying di Sekolah Wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta

Kunaenih Kunaenih, Nadiah Nadiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengurangi Bullying melalui MPLS di Sekolah, dan mendapatkan model pelaksanaan program MPLS yang tepat sasaran dan tepat guna. Judul penelitian ini adalah hubungan MPLS dalam mengurangi kasus Bullying di sekolah wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Seberapa besar pengaruh MPLS terhadap mengurangi terjadinya Bullying  di sekolah wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta ?, 2) Bagaimana mengurangi Bullying  melalui program MPLS untuk sekolah di wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian korelasi atau korelasional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka kesimpulan yang dapat diambil adalah : 1) Dari 10 (Sepuluh) sekolah yang menjadi sampel dalam penelitian ini dapat disampaikan bahwa terdapat pengaruh antara MPLS terhadap Bullying di sekolah, pengaruhnya sebesar 43 %. Pengaruh ini dikategorikan cukup berpengaruh. 2) Cara mengurangi Bullying disekolah melalui program MPLS untuk sekolah wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta adalah dengan mengurangi keterlibatan peserta didik senior dalam pelaksanaan MPLS di sekolah. Karena keterlibatan peserta didik senior dalam pelaksanaan MPLS rentan terjadinya kekerasan baik itu Verbal ataupun Non Verbal

Keywords


MPLS; Kasus; Bullying

References


Aprilia Eunike. 2018. Hubungan Bullying dengan kepercayaan Diri Pada Remaja di SMP Negeri 10 Manado. e-Kp Vol 6 No. 1

Astuti, Ponny. 2006. Meredam Bullying : 3 Cara Effektif Mengatasi Kekerasan Pada Anak

Baralemba, Adnan. 2018. Indahnya Beraneka. Yogyakarta : Deepublish

Carter, B. & Vicky G. Spencer, 2006, The Fear Factor: Bullying And Students With Disabilities, International Journal Of Special Education. Vol. 21, Number 1.

Ela Zein, dkk. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam melakukan Bullying. Jurnal Unpad. Vol 4 No. 2

Fithria, Rahmi Aulia. 2016. Factors Related to The Bullying Behavior. Idea Nursing Jurnal. Voll VII No. 3

Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate research in Education. New York: McGraw-Hill.

Masdin. 2013. Fenomena bullying Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib Vol 6 No. 2

Permendikbud. No 18 Tahun 2016 Tetang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

Sejiwa. 2008. Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : Grasindo

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Sejiwa. 2008. Bullying: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo

http://referensi.data.kemdikbud.go.id

https://www.guru-id.com

https://www.kendikbud.go.id

https://news.detik.com


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v19i1.17264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.