Peran Hafalan Alquran (Juz’amma)

Saihu Saihu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara menghafal Alquran dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Alquran hadis di SDIT Al Musyarrofah Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dengan melibatkan siswa kelas IV (empat) yang ikut serta dalam kegiatan menghafal Alquraan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Selanjutnya, analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil penelitian ini adalah bahwa di SDIT Al Musyarrofah Jakarta yang diterapkan dan berdasarkan hasil kuesioner tergolong cukup baik, ini dapat dilihat dari analisis data melalui skor rata-rata dari 59.436 yang berada dalam klasifikasi antara 51-75, oleh karena itu dapat disimpulan bahwa penerapan hafalan Alquran terhadap siswa SDIT Al Musyarrofah Jakarta dikategorikan sedang atau cukup baik. Kemudian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran hadis di SDIT Al Musyarrofah Jakarta berada dalam kategori baik dengan siswa yang mencapai pembelajaran tuntas sebanyak 37 siswa. Dengan demikian, hubungan antara menghafal Alquran dan prestasi siswa dalam mata pelajaran Alquran hadis di SDIT Al Musyarrofah Jakarta dengan interpretasi yang kuat atau tinggi. Ini dapat dilihat dari hasil perumusan statistik product moment dengan hasil 0,85 yang terletak antara 0,70 - 0,90 pada tabel tabel korelasi "r"


References


Arifin, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahan. Bandung: PT Syamil Cipta Media, 2005.

Derajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Hafidz, Ahsin W, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur`an. Jakarta: Bumi Aksara ,1994.

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan. Bandung: Alumni, 1997.

Hasyim, Husaini A. Madjid, Syarah Riyadhus Shalihin, terj. dari Riaydhus Shalihin oleh Mu`ammal Hamidy dan Imron A. Manan. Surabaya: PT Bina Ilmu, 1993.

Khon, Abdul Madjid, Praktikum Qira`at. Jakarta: Amzah, 2008.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Mughni, Mudhafar, ushul fiqh 1. Jakarta: Lingkar Studi Islam Publishing, 2003.

Muhammad bin Ismail, Imam Abdullah, Shahih Bukhari, terj.dari Shahih Bukhari Juz VI oleh Achmad Sunarto. Semarang: CV. Asy Syifa,1993.

Nawabudin, Abdurrab, Teknik Menghafal Alquran. Bandung: Cv. Sinar Baru,1991.

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Qari`, M. Taqiyul Islam, Cara mudah menghafal Al-Qur`an. Jakarta: Gema Insani Press, 1998.

Rouf, Abdul Aziz Abdu, Kiat Sukses Menghafal Al-Qur`an. Jakarta: Dzilal Pess, 1996.

Saihu, “Pendidikan Islam Multikulturalisme”, Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam; 2018; 1 (2): 171-187.

______, “ Rintisan Peradaban Profetik Umat Manusia Melalui Peristiwa Turunnya Adam As Ke-Dunia”, Mumtaz, 2019; 3 (1): 268-279.

______, “Pendidikan Sosial Yang Terkandung Dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72”, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2020; 09 (1): 127-148.

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar dan mengajar. Jakarta: CV. Rajawali, 1986.

Shaleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab, psikologi suatu pengantar (dalam perspektif Islam). Jakarta: Prenada Media, 2004.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Sugianto, Ilham, Kiat Praktis Menghafal Al-Qur`an. Bandung: Mujahid Press, 2004.

Sujiono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: rajawali Press, 2003.

Syamsudin, Achmad Yaman, Cara Mudah Menghafal Al-Qur`an. Solo: Insan Kamil, 2007.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya, 1995.

Syamsudin, Achmad Yaman, Cara Mudah Menghafal Al-Qur`an. Solo: Insan Kamil, 2007.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Tirtonegoro, Surtatinah, Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta:Bina Aksara, 2006.

Ulin Nuha Mahfudhon, Jalan Pengahafal Al-Quran. Jakarta: Percetakan PT Gramedia, 2017.

Usman Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Winata, Udin Saripudin dan Rustana Adi Winata, Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka, 1998.

Wisnu Arya Wardhana, Alquran dan Energi Nuklir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2004.

Wiwi Alawiyah Wahid, Cara Cepat Menghafaal Al-Qur‟an. Jogjakarta: Diva Press. 2013.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1990.

Zen, Muhaimin, Tata Cara atau Problematika Menghafal Al-Qur`an. Jakarta: Pustaka Al-husna, 1985.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v19i1.17172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.