Konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh Serta Implikasinya Terhadap Islam Modern

Juni Prasetya

Abstract


Pandangan dikotomik yang muncul dalam kehidupan masyarakat memberi dampak negatif terhadap pendidikan Islam. Pendidikan Islam mulai mengalami keterbelakangan dan disintegrasi akibat adanya pandangan dikotomik ini. Bahkan, dalam rahim pendidikan Islam belum lahir sarjana-sarjana yang mempunyai komitmen spiritual dan intelektual yang mendalam. Maka dari itu, penelitian ini menawarkan konsep pendidikan Islam Muhammad Abduh sebagai solusi. Penelitian menemukan bahwa konsep pendidikan Islam Muhammad Abduh adalah mendidik akal dan jiwa anak didik. Implikasi konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh terhadap Pendidikan Islam modern antara lain hendaknya tujuan pendidikan memperhatikan fitrah manusia secara menyeluruh. Hendaknya peserta didik baik laki-laki maupun perempuan menambah wawasan keilmuan. Hendaknya pendidik memiliki kompetensi intelektual dan kompetensi agama yang baik. Hendaknya metode pembelajaran yang diterapkan dapat mengembangkan aspek akal dan jiwa (transfer pengetahuan dan transfer nilai).

References


Abduh, Muhammad. 1988. Al-Islam wa an-Nasronniyah ma’a ‘Ilmi wa al-Madaniyah. Beirut: Dar al-Hadatsah.

________________. 1993. Al-Islam bayna al-‘ilmi wa al-madaniyah. Kairo: Dar al-Madda.

________________. 2000. Risalah at-Tauhid. Kairo: al-Hii’ah al-‘Ammah Li Qoshur Ats Tsaqofah.

Al-Bahy, Muhammad, 1986. Pemikiran Islam Modern dan Hubungannya dengan Imperialisme. Jakarta: Pustaka Panji Mas.

Ali, A. Mukti. 1995. Alam Pikiran Islam Modern di Timur Tengah. Jakarta: Djambatan.

Arief, Armai. 2007. Reformasi Pendidikan Islam. Ciputat: CRSD Press.

Asmuni, Yusran. 1998. Dirasah Islamiyah III; Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raya Gafindo Persada.

Aziz, Ahmad Amir. 2009. Pembaharuan Teologi Perspektif Modernisme Muhammad Abduh dan Neo Modernisme Fazlur Rahman. Abdul Haris (ed.). Yogyakarta: Teras.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 2011/2012. Analisis Data Pendidikan Islam Tahun 2011/2012. Tercantum dalam http://www.pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/pontrenanalisis.pdf. Diakses tanggal 22 Januari 2017.

Imarah, Muhammad (ed.). 1993. Al-A’mal al-Kaamilah al-Imam as-Syaikh Muhammad Abduh al-Juz atsalis. Kairo: Dar Asyuruk.

Madjid, Nurcholis. 1999. Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.

Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik;

Humanisme Reigius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Agustina Purwantini dan Adib Abdushomad (ed.). Yogyakarta: Gama Media.

Nasution, Harun. 1987. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

_____________. 1987. Muhammad Abduh dan Teologi Mu’tazilah. Jakarta: UI Press.

_____________. 1974. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: Bulan Bintang.

Nata, Abuddin. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nizar, Samsul (ed). 2007. Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana.

Rahman, Fazlur. 1997. Islam Fazlur Rahman (Islam). Ahsin Mohammad (penj). Bandung: Pustaka.

Ridha, Muhammad Rasyid. 2006. Tarikh al-Ustad al-Imam as-Syaikh Muhammad Abduh al-Juz al-Awwal. Dar al-Fadhilah: Kairo.

_____________________. 2006. Tarikh al-Ustad al-Imam as-Syaikh Muhammad Abduh al-Juz ats-Tsani. Dar al-Fadhilah: Kairo.

Shihab, Quraish. 1994. Studi Kritis Tafsir al-Manar. Bandung: Pustaka Hidayah.

Usa, Muslih (ed.). 1991. Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Watt, William Montgomery. 1997. Fundamentalisme Islam dan Modernitas (Islamic Fundamentalism and Modernity). Taufik Adnan Amal (penj). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v18i2.11499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.