Metode Rasulullah Dalam Pendidikan Karakter Perspektfif Al-Qur'an

Achmad Rofi'i

Abstract


Metode Rasulullah SAW dalam mendidik dan mengajar para Sahabatnya sehingga dalam tempo 23 tahun berhasil menjadikan keunggulan mereka diakui dunia adalah tidak terlepas dari metode-metode yang sangat kaya, hingga mencapai tidak kurang dari 111 metode yang ditujukan untuk membentuk 13 karakter dengan langkah-langkah yang sistematis, rapih, tertib, dan humanis.
Dalam rangka implementasi metode Rasulullah SAW dalam pendidikan karakter, diperlukan lima fase yaitu: 1) Fase persiapan, 2) fase penanaman, 3) fase penumbuhan, 4) fase pengembangan dan 5) fase penjagaan; demikian pula untuk mengupayakan Implementasi Pembangunan Karakter melalui metode KHaīrun nās Anfa'uhum linnāS (KHAS) di lingkungan Keluarga, sekolah dan masyarakat untuk diwacanakan Pendidikan Karakter (KHAS) dibangun melalui tiga paradigma yaitu: karakter KHAS yang harus dikembangkan dalam keluarga sekolah dan masyarakat yang terukir melalui tujuan, terprogram dan melalui pemilihan metode dan media yang tepat di mana seluruh kontennya diprioritaskan pada pembangunan dan pengembangan karakter KHAS.

References


'Ādil asy-Syiddy, Min Ma'ālim al-Manhaj an-Nabawy fī Tarbiyyah al-Abnā, Riyādh: Dār al-Wathan, t.th.

'Abdul Kadir, 2007, Konsep Manusia dalam al-Qur'an sebagai Dasar Pengembangan Pendidikan (Disertasi Doktoral dalam Ilmu Agama Islam), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

'Abdul Rahmān bin Muhammad Ibnu Khaldūn, Muqaddimah Ibnu Khaldūn tahqiq

'Abdullāh Muhammad ad-Dārwisy, Damaskus: Dār al-Balkhy, 1425 H/ 2004 M, cet. 1 Abu

'Abdurrahman Muhammad bin al-Husain as-Sulami (w 412 H), Ṭabaqat as-Sufiyyah tahqiq Musṭafa 'Abdul Qadir Aṭa', Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 1424 H/ 2003 M, cet. 2.

Abu al-Hasan an-Nadawiy (w 1945 M), Mādzā Khasira al-‘Alam bin Hiṭaṭ al-Muslimīn al-Manṣūrah, Mesir: Maktabah al-Īmān, t.th.,.

Abu Dāwud al-Sajistāny, Sunan Abu Dāwud ta'līq al-Albāni, Beirut: Dār Ihyā at-Turats al-'Araby, t.th.

Abu Hamid al-Ghazāli, Ihyāu ‘Ulūmiddīn, Beirut: Dār Ihya at-Turāts al-‘Araby, t.th, jilid. 1.

Abu Hamid al-Ghazāli, Ihyāu ‘Ulūmiddīn, Semarang: Toha Putra, t.th, jilid. 1,

Ahmad as-Sayyid al-Kūmy dan Ahmad Yusuf al-Qāsim, At-Tafsīr al-Maudhū'i lil Qur'ān al-Karīm, Kairo: 1402 H/ 1982 M, cet. 1.

Ahmad as-Sayyid al-Kūmy dan Ahmad Yusuf al-Qāsim, At-Tafsīr al-Maudhū'i lil Qur'ān al-Karīm, Kairo: 1402 H/ 1982 M, cet. 1.

Ahmad az-Zahrāny, At-Tafsīr al-Maudhū'i lil Qur'ān al-Karīm wa Namādzij Minhu, Madinah: Islamic University, 1413 H.

Ahmad bin 'Abdul Rahmān bin Qudamah al-Maqdisy, Mukhtaṣar Minhāj al-Qāṣidīn tahqiq 'Ali Hasan ‘Ali 'Abdul Hamid, 'Ammān: Dār 'Ammar, 1415 H / 1994 M, cet. 2.

Ahmad bin 'Abdul Rahman bin Qudāmah al-Maqdisy, Mukhtaṣar Minhāj al- Qāṣidīn tahqiq Syu'aib al-Arnāuth dan 'Abdul Qadir al-Arnāuth, Beirut: Muassasah 'Ulūm al- Qur'ān, 1398 H / 1978 M.

Ahmad bin 'Abdur Rahmān bin Qudāmah al-Maqdisy, Mukhtaṣar Minhāj al-Qāṣidīn tahqiq 'Abdullāh al-Laitsy al-Anṣāry, Beirut: Dār al-Ma'rifah, 1409 H/ 1988 M, cet. 1,

Ahmad bin Hambal, Musnad Ahmad tahqiq Syu'aib al-Arnāuth, Beirut: Muassasah ar-Risālah, 1419 H / 1998 M, cet. 1.

Amirullah Syarbini, 2012, Buku Pintar Pendidikan Karakter, Jakarta: Asa-Prima Pustaka

BNN, 2014, Laporan Akhir Survey Nasional Perkembangan Penyalahgunaan Narkoba Tahun Anggaran 2014, Jakarta: BNN, hal. 2.

Burhānuddīn az-Zarnūjy, Ta'līm al- Muta'allim Tharīq at-Ta'allum, Khurthūm: ad-Dār as-Sudaniyyah lil Kutub, 1425 H / 2004 M, cet. 1

Burhan Bungin, 2012, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet. 6.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v18i1.11473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.