Struktur Dan Pengukuran Terhadap Pembelian Impulsif: Uji Validitas Konstruk Neo Personality Inventory – Revised (NEO PI–R) Versi Bahasa Indonesia

Ajeng Winarti

Abstract


Abstract

Personality of people who buy K-Pop concert ticket impulsively becomes something should be aware of. This is related to what type of personality predict impulse buying among who buy tK-Pop concert ticket.  Therefore, it is necessary to have an instrument to measure personality type toward impulsive buying of K-Pop concert ticket. Current research aimed to test construct validity of 44-items Indonesian version of Neo Personality Inventory-Revised (Neo PI–R) Scale, consists of five dimensions, Extraversion, Neurocitism, Agreeableness, Conscientiousness, and Openness. Data were collected from 215 participans. Confirmatory factor analysis method was used in this research. The result showed that 40-items are unidimentional.  It means that all items measures one factor only. Therefore, one factor model of Neo PI – R is accepted.

 

Abstrak

Kepribadian seseorang mengenai pembelian impulsif tiket konser K-pop saat ini menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini terkait dengan tipe-tipe kepribadian apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian impulsif tiket konser K-pop. Oleh sebab itu, diperlukan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur tipe kepribadian seseorang terhadap pembelian impulsif tiket konser Kpop. Penelitian ini menguji validitas konstruk dari skala baku yang telah banyak digunakan di negara lain yaitu Neo Personality Inventory–Revised (Neo PI–R). Dalam penelitian ini menggunakan lima dimensi dalam kepribadian yaitu Extraversion, Neuroticism, Agreeableness, Conscientiousness dan Openness dengan jumlah total 44 item. Pelaksanaan tes mengambil sampel sebesar 215 orang. Metode analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatorik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa seluruh item yang berjumlah 40 item bersifat unidimensional. Artinya seluruh item hanya mengukur satu faktor saja sehingga model satu faktor yang diteorikan oleh Neo Personality Inventory–Revised  dapat diterima.


Keywords


Validitas Konstruk, Pembelian Impulsif, Neo Personality Inventory-Revised

References


DAFTAR PUSTAKA

Engel, J., Blackwell, & Miniard. (2002). Perilaku konsumen jilid II. Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.

Feist, J., & Feist, G. (2010). Teori kepribadian 2. Jakarta: Salemba Humanika

Herabadi, Gisela. (2003). Buying impulses: A study on impulsive consumption. Doctoral thesis: Universiteit Nijmegen.

Joreskog, K.G. & Sorbom, D. (1999). LISREL 8.70 for Windows (computer software).

Majalah Kay: The real korean magazine edisi 3, hal. 64 Februari 2013. http://english.chosun.com/site/data/html_dir/2012/02/07/2012020700892.html.

Tracy, Mariska. (2012, November). Cerita seru di balik konser big bang alive tour 2012. Gadis Magazine (29), 150-151. Femina Group. Jakarta: Gaya Favorit Press.

Umar, Jahja. (2011). Bahan kuliah psikometri. UIN Jakarta. Tidak diterbitkan


Full Text: XML PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v4i1.9283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ajeng Winarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.