Skala Karakter Religius Siswa SMA Implementasi Nilai Utama Karakter Kemendikbud

Nofrans Eka Saputra, Yun Nina Ekawati, Rahmadhani Islamiah

Abstract


Abstract

Conflicts and disputes related to religion, race, and also ethnic groups, as well as the hedonism and egoism of Indonesian people today, are eroding the religious and national character of the nation. The Government of Indonesia, through the Ministry of Education and Culture, seeks to strengthen character education (PPK) as a way to grow, instill, and strengthen the positive character of the nation's children. This study aims to make scale the religious character of high school students based on the values of the main characters of the Ministry of Education and Culture by using the principal component analysis (PCA) technique. The population of this research is high school students in Jambi Province with 337 high school students with ages range 15 to 18 years. the sampling technique using purposive sampling. The results of the analysis through the Principal Component Analysis method with orthogonal rotation and varimax extraction resulted in six principal components that were successfully reduced, namely: components of peace, tolerance, protection, detachment, respect and friendship. Each component has a coefficient of 0,000 which means that each component measures a different aspect, each aspect independent of each other and not related to each other. The reliability test using the Guttman Method yields a value of λ = 0.781 which means the scale has a degree of reliability sufficient to measure the religious character of High School Students and can be used with other measurements to support validation of the measurement.

Abstrak

Berbagai konflik dan perselisihan terkait perbedaan agama, ras, serta etnis bangsa maupun perilaku hedonisme dan egoisme masyarakat Indonesia saat ini mengindikasikan terkikisnya karakter religius dan pansilais bangsa. Pemerintah Indonesia melalui Kemdikbud mengupayakan penguatan pendidikan karakter (PPK) sebagai cara untuk menumbuhkan, menanamkan, dan menguatkan kembali karakter positif pada anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat skala karakter religius siswa SMA yang didasarkan pada nilai-nilai utama karakter Kemdikbud dengan menggunakan teknik principal component analysis (PCA). Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Jambi dengan responden sebanyak 337 siswa SMA yang berusia 15 sampai 18 tahun. teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling.Hasil analisis melalui metode Principal Component Analssis dengan rotasi orthogonal dan ekstraksi varimaks menghasilkan enam komponen yang berhasil direduksi, yaitu: komponen cinta damai, toleransi, perlindungan, teguh pendirian, hormat dan persahabatan. Setiap komponen memiliki koefisien korelasi 0.000 yang berarti setiap komponen mengukur aspek yang berbeda, berdiri sendiri dan tidak saling berhubungan satu sama lain. Uji reliabilitas dengan Metode Guttman menghasilkan nilai λ=0.781 yang berarti skala memiliki derajat keterpercayaan yang cukup untuk mengukur karakter religius dan dapat digunakan dengan pengukuran lain untuk mendukung validasi pengukuran.

 


Keywords


construction of measuring instruments;Konstruksi alat ukur; karakter religius; validitas; reliabilitas; analisis komponen utama; character of religious; validity; reliability; principal component analysis

References


Anggoro, W. J & Widhiarso, W. (2010). Konstruksi dan Identifikasi Properti Psikometris Instrumen Pengukuran Kebahagiaan Berbasis Pendekatan Indegenous Psychology: Studi Multitrait-Multimethod. Jurnal Psikologi,37(2), 176-188.

Aulia, Listya Rani. (2016). Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan,3(5), 314–323.

Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Broer, Nico A., dkk. (2014). Measuring Religious Tolerance Among Final Year Education Students The Birth of a Questionnaire. IJRF. 7(1), 77–96.

Harrington, Donna. (2009). Confirmatory Factor Analysis Pocket Guide to Social Wirk Research Methods. New York: Oxford University Press.

Hurlock, Elizabeth. (2014). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Josephson, M. (2002). Making Ethical Decisions The Basic Primer on Using the Six Pillars of Character to Make Better Decisions and a better life. Los Angeles: Josephson Institute of Ethics.

Kemdikbud.go.id. (17 Juli, 2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Diambil pada 23 April, 2018 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kembudayaan Republik Indonesia. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). (18 Julim 2018). Diakses pada 02 April 2019 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/7bdf2592741007e.

Kesuma, D., Triatna, C. & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Komalasari, Kokom & Saripudin, Didin. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Reflika Aditama .

Lickona, Tomas. (2016). Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara

Marzuki & Haq, Pratiwi Istifany. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 84-94.

Meiza, Asti. (2018). Sikap Toleransi dan Tipe Kepribadian Big Five pada Mahasiswa UIN Sunang Gunung Djati Bandung. Psympathic,5(1), 43–58.

Periantalo, J. (2015). Validitas Alat Ukur Psikologi Aplikasi Praktis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, Muchlas & Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tabachnick, Barbara G., & Fidell, Linda S. (2014). Using Multivariate Statistics Sixth Edition. Boston: Pearson.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v9i1.14782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nofrans Eka Saputra, Yun Nina Ekawati, Rahmadhani Islamiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.