Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen International Personality Item Pool Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA)

Meilita Jamilah

Abstract


Tipe kepribadian big five adalah suatu pendekatan yang digunakan dalam psikologi untuk melihat kepribadian manusia melalui trait yang tersusun dalam lima buah dimensi kepribadian yaitu extraversion, agreeableness, neuroticism, openness dan conscientiousness. International personality item pool merupakan instrumen pengukuran baku yang digunakan untuk mengukur lima dimensi kepribadian big five yang dikembangkan oleh Goldberg dkk (2006). Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas kostruk instrumen tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh dari mahasiswa perantau yang sedang menempuh pendidikan S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berjumlah 230 orang. Metode yang digunakan untuk mengujinya adalah confirmatory factor analysis (CFA) menggunakan software LISREL 8.70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa seluruh item yang berjumlah 50 item bersifat unidimensional. Artinya seluruh item hanya mengukur satu faktor saja sehingga model satu faktor yang diteorikan oleh international personality item pool dapat diterima.


Keywords


uji validitas konstruk, tipe kepribadian big five, extraversion, agreeableness, neuroticism, openness dan conscientiousness, confirmatory factor analysis (CFA).

References


Feist, J. & Feist, G.J. (2009). Theories of personality 7 th ed. New York:

McGraw-Hill.

Joreskog, K.G. & Sorbom, D. (1999). L I S R E L 8 . 7 0 f o r Wi n d o w s (computer software). Lincoln-wood, IL: Scientific Software International, Inc.

Pervin, A. L. & John, O.P. (2001). Personality theory and research 8 ed. New York: John Willey.

Umar, Jahja. (2011). Bahan kuliah psikometri. UIN Jakarta. Tidak diterbitkan.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v2i6.10751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Meilita Jamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.