Aplikasi Model Rasch Untuk Validasi Instrumen Pengukuran Fundamentalisme Agama Bagi Responden Muslim

Susilo Wibisono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji instrumen pengukuran fundamentalisme agama yang dikembangkan bagi kelompok Muslim dengan menggunakan analisis model Rasch. Pemahaman tentang fundamentalisme yang dikembangkan mengacu pada definisi Altemeyer dan Hunsberger (1992) yang melihat fundamentalisme sebagai sikap terhadap keyakinan agama yang dianut. Sub dimensi fundamentalisme sebagaimana dijelaskan Altemeyer dan Hunsberger (1992) meliputi sikap terhadap keyakinan bahwa bahwa agama meliputi semua hal dan tidak mungkin salah, keyakinan adanya kekuatan yang bertentangan dan harus dilawan, serta keyakinan bahwa kebenaran agama bersifat mutlak dan tidak perlu kontekstualisasi. Data diambil dari responden mahasiswa Muslim yang berjumlah 113 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen memiliki nilai reliabilitas (KR-20) yang bagus (α = 0,85). Demikian juga nilai reliabilitas responden (α=0,82) dan reliabilitas item (α=0,97). Namun demikian, ditemukan satu item yang secara psikometris dapat dinyatakan misfit, karena memiliki nilai point measure correlation negatif. Secara umum, instrumen ini mampu menjelaskan 41,8% varians yang muncul pada kelompok responden. Berdasarkan hal tersebut, pengukuran fundamentalisme agama bagi kelompok Muslim secara umum dapat dilakukan dengan instrumen ini.

 


Keywords


fundamentalism, Rasch Model.

References


Adamovova, L. 2005. Implicit Theory of Religious Fundamentalism among Slovak Young Adults. Studia Psychologica, 47, 3.

Altemeyer, B. 2003. Why Do Religious Fundamentalists Tend to be Prejudiced?. The International Journal for The Psychology of Religion. 13 (1), page: 17-28.

Altemeyer, B & Hunsberger, B. 1992. Authoritarianism, Religious Fundamentalism, Quest and Prejudice . International Journal for The Psychology of Religion, 2:2, page: 113-133.

Altemeyer, B & Hunsberger, B. A R e v i s e d R e l i g i o u s Fundamentalism Scale: The Short and Sweet of It. The International Journal for The Psychology of Religion, 14 (1), page: 47-54.

Bloom, P.B.N & ARikan, G. 2012. A Tw o E d g e S w o r d : T h e D i f f e r e n t i a l E f f e c t o f Religious Belief and Religious Social Contexton Attitudes towards Democracy. Political Behavior, vol. 34, page: 249-276.

Bond, T.G., & Fox, C. (2007). Applying the Rasch Model. Fundamental measurement in t h e H u m a n S c i e n c e s . L a w r e n c e E r l b a u m A s s o c i a t e s , P u b l i s h e r s . Mahwah. New Jersey

Bruce, S. 1990. Modernity and Fundamentalism: The New Christian Right In America. The British Journal of Sociology, Vol. 41, No. 4. Page: 477-496.

Chong, H.Y. 2013. A Simple Guide to the Item Response Theory (IRT) and Rasch Modelling. P u b l i s h e d i n h t t p : / / w w w . c r e a t i v e - wisdom.com

Dover, H; Miner, M & Dowson, M. 2 0 0 7 . T h e N a t u r e a n d Structure of Muslim Religious Reflection. Journal of Muslim Mental Health, 2: 189-210.

Friedman, M & Rholes, W.S. 2007. Successfully Chalenging F u n d a m e n t a l i s t b e l i e f s Results in Increased Death Aw a r e n e s s . J o u r n a l o f E x p e r i m e n t a l S o c i a l Psychology, 43, page: 794-801.

Gursuch, R.L. 1993. Religion and Prejudice: Lessons Not Learned From the Past. The International Journal for The Psychology of Religion, 3 (1), page: 29-31.

Hood, R.W; Hill, P.C; Williamson, W.P. 2005. The Psychology of Religious Fundamentalism. New York: The Guilford Press. Liht, J; Conway, G; Savage, S; White, W, O'Neill, K . A . 2011. Religious Fundamentalism: A n E m p i r i c a l D e r i v e d Construct and Measurement S c a l e . A rc h i v e f o r t h e Psychology of Religion 33 (2011) 1-25.

Linacre, J.M. 2006. A User's Guide to Winstep Ministep Rasch- Model Computer Programme, a v a i l a b l e a t www.winstep.com.

Misbah, I.H & Sumintono, B. 2014. Pengembangan dan Validasi Instrumen “Persepsi Siswa terhadap Karakter Moral Guru” di Indonesia dengan Model Rasch, dipresentasikan dalam Seminar Nasional “Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter yang Valid” di Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mora, L.E & McDermut, W. 2011. Religious Fundamentalism and How It Relates to P e r s o n a l i t y, I r r a t i o n a l T h i n k i n g , a n d D e f e n c e M ech an is m . Jour nal of Religion and Society, Vol. 13 (2011).

Munson, H. 2003. Fundamentalism. Religion, 33 (2003), page: 381-385.

Putra. I.E & Wongkaren. Z.A. 2009. Skala Fundamentalisme Islam dan Pengaruhnya terhadap Prasangka. Psikobuana.

Rajashekar. J.P. (1989). Islamic Fundamentalism: Reviewing a Stereotype. The Enumeical Review, Volume 41, Issue 1, page : 64-72.

Schaafsma, J & Williams, K.D. 2012. E x c l u s i o n , I n t e r g r o u p Hostility, and Religious Fundamentalism. Journal of E x p e r i m e n t a l S o c i a l Psychology, 48, page: 829-837.

Sumintono, B & Widhiarso, W. 2013. Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial.

Jakarta: Tim Komunikata Publishing House.

Wibisono, S. 2014. Menakar Label F u n d a m e n t a l i s m e u n t u k Muslim. Psikologika, Vol. 19,

No.1 tahun 2014.

Wrench, J . S, Corrigan, M . W, McCeoskey, J.C & Carter, N . M . P. 2006 . Religious F u n d a m e n t a l i s m a n d Intercultural Communication: The Relationship Among Ethnocentrism, Intercultural C o m m u n i c a t i o n Apprehension, Religious F u n d a m e n t a l i s m , H o m o n e g a t i v i t y , a n d Tolerance for Religious Disagreement. Journal of Intercultural Communication Research, Vol. 35, No 1, page: 23-44.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v3i3.10731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.