Efek Sub-Sampel pada Deteksi Differential Item Functioning (DIF) dengan Metode Regresi Logistik

Rahmawati Rahmawati

Abstract


Salah satu langkah dalam melakukan studi mengenai differential item function (DIF) adalah menentukan peserta tes menjadi kelompok referensi (acuan) dan kelompok pembanding. Pada banyak kasus implementasi tes, jumlah sampel antara kelompok referensi dan kelompok pembanding berbeda secara ekstrim. Penelitian ini membandingkan efisiensi dua metode sampling dalam mendeteksi DIF: ukuran sampel setara dan tidak setara. Pada penelitian ini dilakukan studi empiris maupun simulasi. Pada studi empiris, 448 peserta di kelompok pembanding dibandingkan dengan kelompok referensi baik dengan jumlah setara ataupun tidak setara. Studi simulasi mencoba 18 kondisi: 2 ukuran sampel, 3 model DIF, dan 3 distribusi kemampuan. Dengan menggunakan ukuran sampel yang setara, studi empiris mendeteksi 4 dari 57 butir soal berpotensi DIF. Sedangkan perbandingan dengan ukuran sampel tidak setara, tidak mendeteksi adanya butir soal berpotensi DIF. Hasil serupa diperoleh dari studi simulasi. Dari studi ini disimpulkan bahwa melakukan sub sampel pada kelompok referensi merupakan metode yang lebih efisien untuk mendeteksi DIF; jika ukuran sampel berbeda secara ekstrim.

Keywords


differential item function, kelompok referensi, kelompok pembanding

References


Hidalgo, M. D. & Lopez-Pina, J. A. (2004). Differential item func-tioning and effect size: A com-parison between logistic regres-sion and Mantel Haenszel procedures. Educational and Psychological Measurement, 64, 903-915.

Jordoin, M. G., & Gierl, M. J. (2001). Evaluating Type I error & power rates using an effect size measure with the logistic regression procedure for DIF detection. Applied Measurement in Educa-tion, 14(4), 329-349.

Kirk, R. E. (1996). Practical Significance: A concept whose time has come. Educational and Psycho-logical Testing, 56, 746-759.

Lord, F. M. (1968). An analysis of the Verbal Scholastic Aptitude Test using Birnbaum‟s three-

parameter logistic model. Educational and Psychological Measurement, 28, 989-1020.

Zumbo, B. D. (1999). A Handbook on the Theory and Methods of Differential Item Functioning (DIF): Logistic Regression Modeling as a Unitary Frame-work for Binary and Likert-Type (Ordinal) Item Scores. Ottawa, ON: Directorate of Human Resources Research and Evaluation, Department of National Defense.

Roussos, L. A., & Stout, W. F. (1996b). Simulation studies of the effect of small sample size and standardized item parameters on SIBTEST and Mantel-Haenszel Type I errorperformance. Journal of Educational Measurement, 33, 215-230.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v1i1.10686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmawati Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.