Uji Validitas Konstruk General Aptitude Test Battery (GATB) dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA)

Afifah Afifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas konstruk dari General Aptitude Test Battery (GATB) yang sudah lama digunakan sebagai salah satu alat tes yang berhubungan dengan jabatan yang berorientasi pada beberapa tes bakat baterai yang mengukur sembilan bakat dalam delapan tes tulis serta empat perangkat tes. Dalam penelitian ini digunakan empat subtes dalam GATB yang mengukur bakat skolastik yaitu computation, three dimensional space, vocabulary, dan arithmetic reasoning dengan jumlah total 175 item. Data yang digunakan merupakan hasil dari rekruitmen sebuah perusahaan. Pelaksaan tes dilakukan pada tahun 2009 dan ditempuh oleh 3257 orang. Metode analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan program lisrel 8.70. Berdasarkan perhitungan dengan metode CFA dapat disimpulkan bahwa semua subtes fit (sesuai) mengukur model satu faktor, namun untuk subtes three dimensional space serta artihmetic reasoning diperlukan modifikasi model pengukuran untuk dapat memperoleh nilai fit. Hasil pengujian melalui analisis faktor dua tingkat (second order confirmatory factor analysis) menghasilkan bahwa terdapat tiga dari empat subtes GATB yang signifikan dalam mengukur inteligensi umum, yaitu subtes computation, three dimensional space, dan vocabulary.


Keywords


validitas konstruk, general aptitude test battery, confirmatory factor analysis

References


Aiken, Lewis. R. (1997). Psycholo-gical testing and assessment. Boston: Allyn and bacon.

Anastasi, Anne. (1997). Psycholo-gical testing, seventh edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Azwar, Saifuddin. (2004). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, T. A. (2006). Confirmatory factor analysis for applied re-search. New York: The Guildford Press. Buckingham, Marcus and Donald 0.

Clifton. (2001). Now, discover your strengths. New York: The Free Press.

Chaplin, JP. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.

Coyle, Daniel. (2009). Talent code.New York: Bantam Dell.

Davis, Tony. (2009). Talent assess-ment. Jakarta: PPM.

Djaali, H & Pudji Muljono. (2007).Pengukuran dalam bidang psikologi. Jakarta: Gramedia Pustaka

Gardner, Howard. (1985). Frames of mind, the theory of multiple intel-ligences. New York: Basic Book,

Inc.

Greogry, Robert J. (2007). Psychological testing:istory, principles, and application 5th Edition. New

Jersey: Pearson Education, Inc.

Jigau, Mihai. (2007). Career counsel-ling, compendium of methods and techniques. Bucharest : AFIR.

Jöreskog, K.G. & Sörbom, D. (2006). LISREL 8.70 for windows (com-puter software). Lincoln-wood, IL: Scientific Software International, Inc.

Kaplan, Robert M. & Dennis P. Saccuzzo. (2009). Psychological testing: Principles, apllication & issues 7th edition. Belmont: Wadsworth.

Kerlinger, F.N. (2006). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Loewenthal, Kate Miriam. (1996). An introduction to psychological test and scales. London: UCL Press.

Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Murphy, Kevin R. (1994). Psychological testing: Principels and application. London: Prentice-Hall

Int.

Thompson, Bruce. (2004). Explanatory and confirmatory factor analysis. Washington DC: American Psychological Assosiation.

Sadli, Saparinah. (1991). Inteligensi bakat dan test IQ. Jakarta: Gaya Favorit Pres.

Shaleh, A.R & Wahab, M.A. (2004). Psikologi suatu pengantar, Jakarta: Prenada Media.

Sukardi, Dewa Ketut. (2009). Analisis tes psikologi teori dan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Umar, Jahja. (2011). Bahan kuliah psikometri. Tidak diterbitkan.

Van Ornum, William. (2008). Psychological testing across the life span. New Jersey: Pearson Education, Inc.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/jp3i.v1i1.10684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Afifah Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.