Kecenderungan Kajian Hadith di UIN Alauddin Makassar (Tracer Study terhadap Skripsi Mahasiswa Tahun 1994-2013)

Arifuddin Ahmad, Andi Muhammad Ali Amiruddin, Abdul Gaffar

Abstract


Fokus tulisan ini adalah bagaimana kecenderungan kajian hadith di UIN Alauddin Makassar sejak tahun 1994 hingga 2013. Untuk menjawab permasalahan tersebut sumber utama tulisan ini adalah karya-karya skripsi alumni Tafsir Hadis IAIN/UIN Alauddin Makassar.

Berdasarkan penelusuran dan analisis dokumentasi disimpulkan bahwa dari tahun 1994 hingga 2013, jumlah skripsi yang dapat ditemukan adalah 97 buah, dengan rincian 12 skripsi yang menfokuskan kajiannya pada Ilmu Musthalah Hadith, 50 skripsi yang merupakan hasil penelitian (naqd) hadith, 21 skripsi mengkaji pemahaman (fiqh) hadith, 7 skripsi yang memfokuskan pada kajian kitab hadith dan 7 skripsi yang menelusuri pemikiran atau tokoh hadith. Kecenderungan model kajian umumnya penelitian hadith (naqd al-hadith), baik sanad maupun matan (51, 5%).

Faktor utama terjadinya kecenderungan tersebut adalah makin kuatnya metodologi penelitian hadith secara umum di Indonesia dan secara khusus di UIN Alauddin Makassar dengan munculnya karya-karya dari tokoh-tokoh Ilmu Hadis di Makassar seperti M. Syuhudi Ismail di awal tahun 1990-an dan murid-muridnya.


Keywords


naqd al-hadith; fiqh al-hadith; mustalah al-hadith

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.1548/quhas.v4i2.2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Google Scholar MoraRef ISJD LIPI IPI Portal Garuda IPI Portal Garuda BASE-Search BASE-Search BASE-Search IPI Portal Garuda IPI Portal Garuda

web
analytics
View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.