Consumer Behaviour of Halal Products: The Case of Suzuya Superstore Medan

Nur’ain Harahap, M. Yasir Nasution, Azhari Akmal Tarigan

Abstract

This paper aims at understanding costumers’ behavior and subjective norms in consuming halal food at Suzuya Superstore, Medan. This is quantitative research, with 50 respondents consisting of Suzuya Superstore Medan costumers. They were chosen through an accidental sampling approach. Partially, this research shows that the variable of behavior (X1) and subjective norms (X2) positively influence the behavior (X1), where the value t count >t table (5.828 > 1,677) with the significant level of 0,000 <0,05. This means that (X1) significantly influence on the consumers’ perspectives on halal products (Y) at Suzuya Superstore Medan. Subjective Norms (X2) has a value of t count >t table (4,495 > 1,677) with the significant level of 0,000<0,05. This means that the subjective norm (X2) significantly influences the consumers’ perspectives on halal products at Suzuya Superstore Medan. In conclusion, behaviors and subjective norms simultaneously influence the halal product consumption behavior among the costumers of Suzuya Superstore Medan.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sikap dan norma subjektif konsumen dalam mengkonsumsi makanan halal terhadap produk halal di Suzuya Superstore Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan sampel 50 responden yaitu konsumen Suzuya Superstore Medan diambil secara Accindental sampling yaitu sampel secara kebetulan bertemu. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap (X1) dan norma subjektif (X2) berpengaruh positif sikap (X1) dimana memiliki nilai t hitung >t tabel (5.828 > 1,677) dengan tingkat signifikan 0,000 <0,05, artinya sikap (X1) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen perspektif produk halal (Y) di Suzuya Superstore Medan. Normasubjektif (X2) memiliki nilai t hitung >t tabel (4,495 > 1,677) dengan tingkat signifikan 0,000<0,05, artinya normasubjektif (X2) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen perspektif produk halal di Suzuya Superstore Medan. Secara Simultan, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung > F tabel (53,372>3,20) dan nilai signifikan 0,000<0,05. Kriteria Fhitung>Ftabel dan signifikan <0,05. Maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap dan normasubjektif secara simultan terhadap perilaku konsumen produk halal di Suzuya Superstore Medan. Berdasarkan nilai R Square sebesar 0,694 atau sama dengan 69,4%. Berarti model analisis yang digunakan mampu menjelaskan Sikap dan Normasubjektif terhadap perilaku konsumen perspektif produk halal sebesar 69,4% sedangkan sisanya 30,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Keywords


Consumers Behavior, Attitude, Subjective Norms, Halal Products

References

Bahri, Syaiful. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan teknik Pengolahan Data SPSS. Penerbit Andi:Yogyakarta

Hendri, Anto. 2003. Pengantar Ekonomi Mikro Islami. Ekonisia cet. I :Yogyakarta

Martono, N. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo persada.

Munandar 2014. Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Pada Bank Aceh Syariah di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis vol.3. No.2

Nasution, Mustafa Edwin, dkk, 2007. Pengenalan Ekslisif Islam, Jakarta : Kencana.

Siregar, Pardomuan .2014. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Masyarakat Menabung pada Bank mandiri Syariah Cabang Ringroad Medan, Thesis,

Suprapti. N.W. S. 2010. Perilaku Konsumen. Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran . Bali. Universitass Udayana Bali.

Siyoto, S., & dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.




DOI: 10.15408/aiq.v12i1.16230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.