Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Pecahan

Tri Suryaningsih, Maharani Ayu Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent posttest only group design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Az-Ziyadah dengan jumlah sampel 50 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengumpulan data menggunakan test Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan bentuk essay (posttest). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang pembelajarannya menggunakan model open ended lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional model direct instruction. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran matematika pada materi pecahan dengan menggunakan model Open Ended dapat berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.


Keywords


Open Ended; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; pecahan

Full Text:

PDF

References


Afiani, Kunti dian ayu dan Deni Adi Putra. “peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas III SD melalui pembelajaran berbasis pengajuan masalah”, ELSE (Elementary School Education Journal), vol.1, 2017.

Eka, Karunia. Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Aditama, 2015.

Emzir. metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kulaitatif, Depok : Rajawali Pers, 2017.

Fardah, D.K. “analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas Open-Ended,” jurnal Kreano, 3 (3), 2012.

Irawan, Andi Edy Surya.“Application of the Open Ended Approach to Mathematics Learning in the Sub-subject of Rectangular”, international journal of science : basic and applied research (ijsbar), vol.33, 2017.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kemudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Kurniati, Risna. “penerapan strategi pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di madrasah ibtidaiyah negeri 1 Palembang”, dalam jurnal ilmiah PGMI , Vol.2, 2016.

Machromah, Isnaeni Umi, dkk. “Analisis proses dan tingkat berpikir kreatif siswa SMP dalam pemecahan masalah bentuk soal cerita materi lingkaran ditinjau dari kecemasan matematika”, jurnal elektronik pembelajaran matematika, vol.3, 2015.

Meika, I., dan Sujana, A.“kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA,” jurnal penelitian dan pembelajaran matematika, 10 (2), 2017.

Noviyana, Hesti “pengaruh model open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa”, jurnal Edumath, vol. 4, no.2, 2018.

Rahmawati, “seminar hasil TIMSS”, 2015.

Rosmaia, Isrok‟atun Amelia, model - model pembelajaran Matematika, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2018.

Siswono, Tatag Yuli Eko.“pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah”, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Supardi U.S, Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika, http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/107/103, pada 20 februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20892 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch