ANALISIS PENGEMBANGAN KARAKTER, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA TOPIK KOLOID MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Al Hafit Nur, Wahyu Sopandi, Iqbal Mustapha

Abstract


Abstract

This study aims to obtain a model of learning that develop character values​​, science process skills, and mastery of concepts students. This study was designed with a quasi-experimental methods, to form "the two-group pretest-posttest design". The instrument used in this study is the science process skills test items and mastery of concepts, student worksheets, observation sheets and questionnaires of students and teachers. The subjects of this study were students at one of the high schools in Kampar regency of Riau as many as 24 peoples in experimental class and 24 peoples in control class. The results showed that the guided inquiry learning students can develop character, enhancing science process skills and mastery of concepts students colloid significantly compared to conventional learning.

Keywords: Guided inquiry; character values​​; science process skills; mastery of concepts; colloid

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis mind map Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu model pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai karakter, keterampilan proses sains, dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dirancang dengan metode kuasi eksperimen, dengan bentuk “the two-group pretest-postest design”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir tes keterampilan proses sains dan penguasaan konsep, lembar kerja siswa, lembar observasi, dan angket siswa dan guru. Subyek penelitian ini adalah siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kampar Riau sebanyak 24 orang kelas eksperimen dan 24 orang kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan karakter siswa, meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep koloid siswa yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Inkuiri terbimbing; nilai-nilai karakter; keterampilan proses sains; penguasaan konsep; koloid

 

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/es.v8i2.1849

 


Keywords


Inkuiri terbimbing; nilai-nilai karakter; keterampilan proses sains; penguasaan konsep; koloid

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: