KONTRIBUSI PENGETAHUAN PARAGRAF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MAHASISWA

Hidayati Azkiya, Romi Isnanda

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to know the contribution of paragraph knowledge to the skill of argument writing. Because at this time it appears that knowledge of the writing or paragraph less attention in writing. Though good writing is also seen from the writing or knowledge of paragraphs are good as well. While in the skill of argumentation writing, the student still difficulties in giving opinion or opinion of phenomenon that happened and actual moment at this time. This research method using descriptive correlational design. The population of this study are students of Indonesian Education Studies Program BP 20016/2017 which amounted to 30 people. Based on the result of research that the average knowledge of paragraph is 32,25. And the contribution of paragraph knowledge to argumentation writing skills is 12%. So it can be concluded that the knowledge of paragraphs affect the skill of writing argumentation of students of Bung Hatta University School of Education, but the knowledge of the paragraph is very less that seen from the average class.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pengetahuan paragraf terhadap keterampilan menulis argumentasi. Karena pada saat ini terlihat bahwa pengetahuan terhadap tata tulis atau paragraf kurang diperhatikan dalam menulis. Padahal tulisan yang baik itu juga dilihat dari tata tulis atau pengetahuan terhadap paragraf yang baik pula. Sedangkan pada keterampilan menulis argumentasi, mahasiswa masih kesulitan dalam memberikan opini atau pendapat fenomena yang terjadi dan teraktual pada saat sekarang ini. Metode penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia BP 20016/2017 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata pengetahuan paragraf adalah 32,25. Serta kontribusi pengetahuan paragraf terhadap keterampilan menulis argumentasi sebesar 12%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan paragraf berpengaruh terhadap keterampilan menulis argumentasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bung Hatta, akan tetapi pengetahuan terhadap paragraf sangat kurang yang dilihat dari rata-rata kelas.

 


Keywords


pengetahuan paragraf; menulis argumentasi, keterampilan menulis

Full Text:

PDF

References


Atmazaki. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Budaya Indonesia, 2006.

Bahtiar, Ahmad dkk. Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Bogor: In Media, 2019.

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo, 2018.

Haryanto. “Hubungan Antara Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Menulis Laporan,” Indonesian Language Education and Literature, Vol. 1, No. 2.

Helaluddin. “Penerapan Strategi Catalisting dalam Menulis Paragraf Prosesual,” Jurnal Dialektika, Vol. 3, No. 2.

Holman Siahaan, Leroy. “Hubungan antara Kemampuan Berpikir Logis dan Pengetahuan tentang Paragraf dengan Keterampilan Menulis Esai Bahasa Inggris,” Jurnal SOSIORELIGI, Vol. 14, No. 2.

Hudaa, Syihaabul. Estetika Berbahasa: Mengapresiasi Bahasa Indonesia. Sukabumi: Jejak Publisher, 2018.

Hudaa, Syihaabul. “Optimalisasi Bahasa: Penggunaan Bahasa yang Baik, Logis, dan Santun di Media Massa,” Jurnal Dialektika, Vol. 5, No. 1.

Nofitria, Anri dkk. “Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Kritis Teks Argumentasi untuk Siswa Kelas X SMA/SMK,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 2, No. 10.

Nurjamal, Daeng dkk. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta, 2011.

Ramadansyah. Paham dan Terampil Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: Dian Aksara Press, 2010.

Rohmadi, Muhammad dan Aninditya Sri Nugraheni. Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media, 2011.

Sufanti, Main Sufanti. “Jenis Materi Ajar Cerita Pendek dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013,” Jurnal Bahastra, Vol. 36, No. 1.

Suparno dan Mohamad Yunus. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.9045 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

DOAJ CrossRef OCLC WorldCat Google Scholar BASE-Search IPI Portal Garuda UI Factor MoraRef http://sinta1.ristekdikti.go.id/images/sinta_logo.png

 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats