PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN DALAM MENULIS LAPORAN KEGIATAN MELALUI TEKNIK OBSERVASI PADA SISWA

Iing Sunarti, Putri Elida Sari, Siti Samhati

Abstract


Abstract: The research problem is how the teaching media is utilized in the learning of composing the observation text at the XI grade of SMK. The aim of this research is to describe the teaching product utilized in the learning of composing the expository text at the XI grade of SMK. This research uses qualitative descriptive as the methodology of the research, in collecting the data is using of reduction data, showing data, and verification. The result of the study indicate that textbooks prepare activity reports based on observation worthy of use in learning. The feasibility was stated by media experts 77%, material experts 81,5%, and practitioners 80%.

Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan buku pembelajaran menyusun laporan berdasarkan observasi siswa kelas XI SMK? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pembelajaran menyusun laporan berdasarkan observasi siswa kelas XI SMK. Penelitian ini menggunakan metod R & D, pengambilan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar menyusun laporan kegiatan berdasarkan observasi layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan tersebut dinyatakan oleh ahli media 77%, ahli materi 81,5%, dan praktisi 80%. 

 

 


Keywords


buku; observasi; pengembangan; book; observation text; developing

Full Text:

PDF

References


Ketut, J. N., Made, S.I, dan Gede, G. Pembelajaran Menulis Teks Laporan Observasi Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Singaraja. e-journal jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha vol:3, 2015.

Mahsun. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2014.

Nova, K. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Penelitian Berbasis Pengayaan

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 24 tahun 2016 tentang KI dan KD

Skemata Bacaan. Jurnal .um.ac.id

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Yulita, A. Pembelajaran Menulis Teks Laporan Observasi Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII SMP N 13.Jurnal. FKIP.Unila.ac.id. 2015




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i2.8249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

DOAJ CrossRef OCLC WorldCat Google Scholar BASE-Search IPI Portal Garuda UI Factor MoraRef http://sinta1.ristekdikti.go.id/images/sinta_logo.png

 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats