ASPEK LOKALITAS PADA NOVEL POPULER INDONESIA

Muhamad Adji, Dadang Suganda, Baban Banita

Abstract


Abstract: Contemporary popular novels generally bring about a global discourse. This is the impact of the authors' contact with the global world. Andrea Hirata and Ahmad Fuadi are authors who are closely related to the global world affecting their works. However, local cultural values are also contained in the novels. Thus, there is a wedge between local and global values within the text. This paper is intended to examine how the local values are represented by the text of a global popular novel. This study uses two popular novel texts as the object of study, namely Sang Pemimpi by Andrea Hirata and Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi. The questions that guide this paper are a) how aspects of locality are represented in popular novels, b) what forms of locality aspects are contained in popular novels. In this paper, an analytical descriptive method using the perspective of cultural studies is used. The results show that the aspects of locality are featured in popular novels through background stories, figures, and habits demonstrated by the main characters. These intrinsic elements show the values of locality that are related to mutual cooperation and wander traditions.


Abstrak: Novel-novel populer kontemporer pada umumnya banyak memunculkan wacana global. Hal ini merupakan imbas dari persentuhan para pengarang dengan dunia global. Andrea Hirata dan Ahmad Fuadi adalah pengarang-pengarang yang memiliki keterkaitan erat dengan dunia global sehingga berdampak pada karya-karya mereka. Namun demikian, nilai-nilai budaya lokal juga termuat di dalam novel-novel tersebut. Sehingga, terjadi irisan antara nilai-nilai lokal dan global di dalam teks tersebut. Tulisan ini dimaksudkan untuk mengkaji bagaimana nilai-nilai lokal tersebut direpresentasikan teks novel popoler yang berwacana global. Kajian ini menggunakan dua teks novel populer sebagai objek kajian, yaitu Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Pertanyaan yang menuntun tulisan ini adalah a) bagaimana aspek lokalitas direpresentasikan di dalam novel populer, b) apa bentuk aspek lokalitas yang ada di dalam novel populer. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan perspektif kajian budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek lokalitas ditampilkan dalam novel populer melalui latar cerita, tokoh-tokoh, dan kebiasaan yang ditunjukkan oleh tokoh utama. Unsur-unsur intrinsik tersebut menunjukkan nilai-nilai lokalitas yang berkaitan dengan tradisi gotong royong dan merantau.


Keywords


popular novels; local values; discourse; global; novel populer; nilai-nilai lokal; wacana; global

Full Text:

PDF

References


Adji, Muhamad dkk. Karya, Pengarang, dan Realitas dalam Novel Pop

Indonesia 1970-an – 2000-an. Bandung: Sastra Unpad Press. 2008.

Fuadi, Ahmad. Negeri 5 Menara. Jakarta: Gramedia. 2009.

Hirata, Andrea. Sang Pemimpi. Yogyakarta; bentang Pustaka. 2005.

Koentjaraningrat. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia. 1983.

Koentjaraningrat. Antropologi 1 (Cetakan ketiga). Jakarta: Rineka Cipta. 2005.

Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2007.

Storey, John. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop (terj. Laily Rahmawati). Yogyakarta: Jalasutra. 2007.

Herwanto, Agustinus. “Budaya, Struktur, dan Pelaku” dalam Teori-Teori Kebudayaan (editor: Mudji Sutrisno dan Hendar Putranto). Yogyakarta: Kanisius. 2005.

.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.8168 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...