PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN NILAI-NILAI KONSERVASI HUMANISME DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF CERITA FANTASI

Nonika Farahdila, Subyantoro Subyantoro

Abstract


Abstract: A good quality learning sources can support in the learning activity process to develop students' potential. Moreover, a good quality learning sources can attract and stimulate students' interest in learning. In accomplishing those objectives, books hold a strategic role. In that case, it is reasonable to make a development on an enrichment book which not only enriching knowledge, but also skills and shaping a positive personality in students. The purpose of this study is 1) to describe the needs of learners and educators of enrichment books; 2) drafting the enrichment book; and 3) outlining the expert's judgment of the enrichment draft. The content of conservation values of humanism is given in order to instill moral values. This research designs Research and Development (R & D) Thiagarajan model modified in 3 stages, such as define, design, and development. The results of this study are based on the results of questionnaire analysis needs of learners and educators who compiled into principles of book development. These principles include aspects of the material, aspects of presentation, aspects of graphics, aspects of language, aspects of learning materials needs creative writing fantasy story text, and aspects of the needs of the values of conservation of humanism.

  

Abstrak: Sumber belajar yang berkualitas mendukung proses pembelajaran guna mengembangkan potensi peserta didik. Selain itu juga dapat menarik minat dan merangsang peserta didik untuk belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut, buku memiliki peran strategis di dalamnya. Oleh karena itu, perlunya pengembangan buku pengayaan yang tidak hanya memperkaya pengetahuan tetapi juga mengembangkan keterampilan dan membentuk kepribadian positif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsi kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan dan  menyusun draf buku pengayaan serta menguraikan penilaian ahli terhadap draf buku pengayaan. Muatan nilai-nilai konservasi humanisme diberikan dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral. Dengan desain Research and Development (R&D) model Thiagarajan yang dimodifikasi dalam 3 tahap, yaitu define, design, dan development dihasilkan  prinsip-prinsip pengembangan buku. Prinsip-prinsip tersebut meliputi aspek materi, aspek penyajian, aspek grafika, aspek bahasa, aspek kebutuhan materi pembelajaran menulis kreatif teks cerita fantasi, dan aspek kebutuhan nilai-nilai konservasi humanisme. 

 


Keywords


enrichment book; creative writing, literary fantasy; conservation values of humanism; buku pengayaan; menulis kreatif; cerita fantasi; nilai-nilai konservasi humanisme

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. Refika Aditama. 2015.

Arif, M. “Islam Humanis, HAM, dan Humanisasi Pendidikan. Eksposisi Integratif Prinsip Dasar Islam, Kebebasan Beragama, Kesetaraan Gender, dan Pendidikan Humanis”. Musawa. Vol. 15 No. 2. 2016.

Asriani, P. Cholis S, dan Sa’dun A. “Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 11. 2017.

Fahmy, Z., Subyantoro, dan Agus Nuryatin. “Pengembangan Buku Pengayaan Memproduksi Teks Fabel Bermuatan Nilai Budaya untuk Siswa SMP”. SELOKA. Vol. 4 No. 2 2015.

Farida, Y. E.. “Humanisme dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Tarbawi Vol. 12. No. 1 Januari – Juni. 2015.

Jumarudin, A.G. & Suardiman, S.P. “Pengembangan Model Pembelajaran Humanis Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2, No. 2. 2014.

Khatib, M. Saeid N. S., dan Hadi H.. “Humanistic Education: Concerns, Implications and Applications”. Journal of Language Teaching and Research. Vol. 4, No. 1. 2013.

Khoiron, A. M.l dan Eddy S. “Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 22, No. 2. 2015.

Kurniawan, O. dan Jismulatif. “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 01. 2011.

Kurniawan, P.Y. dan Subyantoro. “Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan”. Jurnal Seloka. Vol. 5 (1). 2016.

Lestantiya, F. A., Titik H. & Taufik D. “Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Kreatif Cerita Fantasi Untuk Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 10. 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Marsya, IH dan AW Anggraita. “Studi Pengaruh Warna pada Interior Terhadap Psikologis Penggunanya, Studi Kasus pada Unit Transfusi Darah Kota X”. Jurnal Desain Interior, Vol. 1, No. 1. 2016.

Mengyi, Li, Murphy, K. & Firetto, C.M. “Examining the Effects of Text Genre and Structure on Fourthand Fifth-Grade Students’ High-Level Comprehension as Evidenced in Small-Group Discussions”. IJEP. Vol. 3 No.3. 2014.

Nafisah, D. dkk. “Karakteristik Cerita Fantasi Anak Indonesia Periode 2000—2010”. Puitika. Vol.1, No.1. 2012.

Pusat Perbukuan Depdiknas. Pedoman Penulisan Buku Nonteks (Buku Pengayaan, Referensi, dan Panduan Pendidik). Jakarta: Puskurbuk. 2008.

Rohmah, Galuh N. “Pengaruh Nilai Cerita Anak dan Kesusasteraan dalam Menciptakan Pendidikan Humanis Bagi Anak Indonesia”. Lingua. Vol. 1 No. 1. 2006.

Sanusi, Uci. “Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik (Penelitian pada Mts Negeri Model Cigugur Kuningan)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta’lim. Vol. 11 No. 2. 2013.

Septarianto, T.W. dan Subyantoro. “Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi yang Bermuatan

Kearifan Lokal untuk Peserta Didik Kelas X SMA”. Seloka: Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4 (2). November 2015.

Sitepu, B.P. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.

Subyantoro. “Model Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak: Aplikasi Ancangan Psikolinguistik”. Humaniora. Vol. 19, No. 3. 2007.

Subyantoro,“Pengembangan Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Kesantunan Bahasa Lintas Budaya: Ancangan Psikolinguitik Pendidikan”. Kajian Linguistik dan Sastra.Vol. 24 (2). 2012.

Suryaman, M. Penggunaan Bahasa dalam Buku Nonteks Pelajaran. Makalah disajikan dalam Pelatihan Penulisan Buku Nonteks Pelajaran, Banten, 26-30 Maret. 2012.

Trivedi, K. “Magic Realism: A Genre of Fantasy and Fiction”. IJEE. July Vol. 2 Issue 3. 2013.

Ugur, H. “Self-Awareness and Personal Growth: Theory and Application of Bloom’s Taxonomy”. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 60.2015.

Usman, A. Hamdi, Syarul A. S., dan Salman Z. Abidin. “Humanism in Islamic Education: Indonesian Reference”. IJAPS. Vol. 13, No. 1. 2017.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.7930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

DOAJ CrossRef OCLC WorldCat Google Scholar BASE-Search IPI Portal Garuda UI Factor MoraRef http://sinta1.ristekdikti.go.id/images/sinta_logo.png

 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats