Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Autobiografi Happy Little Soul karya Retno Hening Palupi

Qurrata A'yunin, Ninuk Lustyantie, Shafruddin Tadjuddin

Abstract


Abstract: The problem in this research is how the value of character education contained in the autobiography book of Happy Little Soul. The method used in this research is descriptive qualitative. The results of this paper showed that there are 16 types of character education values, there are religious value, honest value, tolerance value, discipline value, hard work value, creative value, self-value, curiosity value, love value of the country, achievement value, friendship/communicative value, peace loving value, reading value, social caring value, responsibility value, and unyielding value.

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Autobiografi Happy Little Soul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dalam tulisan ini menunjukkan bahwa terdapat 16 jenis nilai pendidikan karakter, yaitu nilai relegius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cintai damai, nilai gemar membaca, nilai peduli sosial/peduli sesama, nilai tanggung jawab, dan terakhir nilai pantang menyerah.

 


Keywords


Buku Autobiografi; Value, Character Education, Autobiography Book Nilai; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, Ahmad dan Arwinarto, Metode Penelitian Sastra. Tanggerang: Pustaka Mandiri. 2013.

Dewi Pusvita, Winda. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata”. Jurnal LEKSEMA, Vol.2 No 1, Januari-Juni. h: 51-63. 2017.

Fitrina, Yulia et al.. “Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi Dan Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1. h: 64-79. 2013.

Istyarini, Rafika Bayu Kusumandari. “Character Education Development Model-based E-Learning and Multiple in Telegency in Childhood in Central Java”.Global Journal of Computer Science and Technology ( H ) Volume XV Issue III Version I. h. 25-34. 2015.

Kurniawan, Syamsul. PENDIDIKAN KARAKTER: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.

Kusnaedi. Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter Panduan Untuk Guru dan Orang Tua.Bekasi: Duta Media Tama. 2013.

Leasa, Marleny dan John Rafafy Batlolona. “Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Smkn 13 Kota Malang”. Jurnal Pendidikan Karakter, tahun VII, Nomer 1, April. h: 26-33. 2017.

Mamluah, Khidmatul. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Bertokoh Dahlan Iskan dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Novel” DIALEKTIKA: jurnal bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 4(1). h: 116-145. 2017.

Naim, Ngainun. Character Building. Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pengenbangan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Nugroho, Ipnu Rinto. Menjadi Penulis Kreatif. Yogyakarta: Pusat Kajian Bahasa. 2017.

Palupi, Retno Hening. Happy Little Soul. Jakarta: Gagas Media. 2017.

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta. PT Gramedia Group. 2014.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i2.7584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

DOAJ CrossRef OCLC WorldCat Google Scholar BASE-Search IPI Portal Garuda UI Factor MoraRef http://sinta1.ristekdikti.go.id/images/sinta_logo.png

 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats