NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BERTOKOH DAHLAN ISKAN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS NOVEL

Khidmatul Mamluah

Abstract


Abstract: This paper shows the intrinsic elements that construct the novels Dahlan Iskan as main character; the educational value of the character in the novels Dahlan Iskan as main character; and utilization as a teaching materials of novel in High School. Methods used in this research is qualitative of content analysis with structural literary approach. The main data source is novel “Sepatu Dahlan” and “Surat Dahlan” by Khrisna Pabichara. Based on analysis the intrinsic elements of the novel form a coherent unity; the educational value of the character in the novel consisted of 16 values; and the results of the analysis used to compile teaching materials of novel in High School in the form of enrichment book of knowledge.

 

Abstrak: Tulisan ini memperlihatkan tiga hal, yakni unsur yang membangun novel bertokoh Dahlan Iskan; nilai pendidikan karakter dalam novel bertokoh Dahlan Iskan; dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar teks novel di SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif analisis isi dengan pendekatan sastra struktural. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah novel Sepatu Dahlan dan Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara. Hasil analisis menunjukkan unsur pembangun novel membentuk kesatuan yang padu; nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel terdiri atas 16 nilai; dan hasil analisis dimanfaatkan untuk menyusun bahan ajar novel di SMA/MA dalam bentuk buku pengayaan pengetahuan.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.7003


Keywords


character; education; value; teaching material; novel; karakter; pendidikan; nilai; bahan ajar; novel

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2010. Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Emzir dan Saifur Rohman. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Endaswara, S. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

Hawthom, J. 1989. Studying The Novel An Introduction. London: Edward Arnold Ltd.

Herfanda, A.Y. 2008. Sastra sebagai Agen Perubahan Budaya dalam Bahasa dan Budaya dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: FBS UNY dan Tiara Wacana.

Kanzunnudin, M. (2012). Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter. In: Setiyaningsih, Y., dkk (eds). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan; Pendidikan Untuk Kejayaan Bangsa. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma, h. 195 – 2014.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Kusmana, S. 2011. Memantapkan Jatidiri Bangsa Melalui Penulisan Buku Pengayaan. In: Kholid A. Harras dan Ma’mur Saadie (eds). Pendidikan Sastra dan Karakter Bangsa. Bandung: Jurdiksastrasia FPBS UPI, h. 296 - 310.

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pabichara, K. 2013. Surat Dahlan; Cet. I. Jakarta: Penerbit Noura Books.

Pabichara, K. 2014. Sepatu Dahlan; Cet. XII. Jakarta: Penerbit Noura Books.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2008. Pedoman Penulisan Buku Nonteks: Buku Pengayaan, Referensi, dan Panduan Pendidik. Jakarta: Depdiknas.

Ratna, N.K. 2010. Teori, metode, dan teknik, penelitian sastra dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sitepu, B. P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stanton, R. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.7003 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...