MODEL MATERI AJAR BERBICARA BAHASA SUNDA UNTUK PENUTUR NON-SUNDA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF

Anita Rohani

Abstract


Abstract: This study aims to profoundly examine about: (1) Sundanese speaking teaching materials for non-Sundanese speakers in accordance with the needs of teachers and learners of Sundanese, at Seventh grade of Junior High School (Sekolah Menengah Pertama, SMP) in SMP Negeri 1 Depok, West Java, Indonesia; (2) the design of Sundanese language teaching materials that suit to the needs of teachers and learners by adapting the A1 level of European Common Reference Framework. The result of this paper is the design model of teaching material that reflecting the needs of teachers and learners, including the topic needed in each chapter.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang: (1) materi ajar Berbicara Bahasa Sunda bagi penutur non-Sunda yang sesuai dengan kebutuhan pengajar dan pemelajar Bahasa Sunda di kelas VII SMP Negeri 1 Depok dan (2) rancangan materi ajar Berbicara Bahasa Sunda yang sesuai kebutuhan pengajar dan pemelajar dengan mengadaptasi Kerangka Umum Acuan Eropa level A1. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif dengan metode penelitian pengembangan. Hasil penelitian berupa pengunitan model materi ajar Berbicara Bahasa Sunda untuk kelas VII berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengajar dan pemelajar di SMPN 1 Depok.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v4i1.6998


Keywords


development research; sundanese language learning, teaching material; speaking; penelitian pengembangan; pembelajaran bahasa sunda; materi ajar; berbicara

References


Achmad H.P. Pendekatan Wacana dalam pembelajaran Menulis, dalam Jurnal Bahtera No. 11. Jakarta: PPs UNJ, 2007, h.. 7-8

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kurikulum 2013 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs. Bandung : 2013

Gall, Meredith D. ; Joyce Gall ; dan Warlter R. Borg. Educational Research : An Introduction. Boston : Pearson : Education, Inc., 2003

Halim, Amran. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1976.

Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2010.

Richards, Jack C. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press, 2005.

Rosidi, Masa Depan Budaya Daerah; Kasus Bahasa dan Sejarah Sunda Bandung: Pustaka Jaya, 2004.

Sudaryat, Yayat. Pedaran Basa Sunda. Bandung: Geger Sunten, 2010.

Sumarsono, Setelah Otonomi Daerah; Bagaimanakah Pengajaran Bahasa Sunda?, Dalam Rosidi dkk (ed.), Konferensi Internasional Budaya Sunda. Bandung: Pustaka Jaya, 2006.

Syukri Hamzah. Model Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Berbasis Lokal dalam lingkup Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD (Studi di Wilayah Rejang Lebong). Disertasi PPs UNJ: Jakarta, 2005.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

DOAJ CrossRef OCLC WorldCat Google Scholar BASE-Search IPI Portal Garuda UI Factor MoraRef http://sinta1.ristekdikti.go.id/images/sinta_logo.png

 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats