NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA OPERA KECOA KARYA N.RIANTIARNO

Agung Prayitno Putro, Herman J Waluyo, Nugraheni Eko Wardhani

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the values of character education for Drama course. It is a qualitative descriptive  study.  The  data  were obtained from the play entitled Opera Kecoa¸ written by N.Riantiarno. by looking at the settings, the characters, the plots and some relevant documents. The technique used to collect the data was by document analysis technique. As one form of literary work, Opera Kecoa drama script contains character education values. The values of character education in this drama script are shown through characterizations and events in each chapter. Based on the results of the analysis found ten character education values contained in the drama  Opera Kecoa, these values include: social care, tolerance, hard work, discipline, peace,patriotism, friendly, independent, creative, and responsibility. By reason of the values of these characters, the Opera Kecoa drama script can be used as a medium of learning in the college literature.

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada sebuah naskah drama. Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah naskah drama Opera Kecoa karya N.Riantiarno. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, naskah drama, dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen. Sebagai salah satu bentuk karya sastra, naskah drama Opera Kecoa memuat nilai-nilai  pendidikan  karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam naskah drama  ini ditampilkan melalui penokohan dan alur peristiwa pada setiap babaknya. Berdasarkan hasil analisis maka ditemukan sepuluh nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama Opera Kecoa, nilai-nilai tersebut antara lain: peduli sosial, toleransi, kerja keras, disiplin, cinta damai, cinta tanah air, bersahabat, mandiri, kreatif, dan tanggung jawab. Dengan alasan adanya nilai-nilai karakter tersebut maka naskah drama Opera Kecoa dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran sastra di perguruan tinggi.

 

 


Keywords


pendidikan karakter; pembelajaran; sastra; naskah drama; opera kecoa;character education; learning; literature; drama script; opera kecoa

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dan Sujak. (2012). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Dewojati, C. 2012. Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Penerbit Javakarsamedia.

Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Jas, Walneg S. 2010. Wawasan Kemandirian Calon Sarjana. Jakarta: Murai Kencana.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta Kemendiknas RI.

Lestyarini, B. 2012. Penumbuhan Semangat Kebangsaan untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II Nomor 3, Oktober 2012, 340-354.

Lickona. 2013. Educating for Character, How Our School Can Taech Respect Approach. California: Woodsworth Publishing Company.

Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Riantiarno,N. 1986. Opera Kecoa (Cetakan Kedua). Jakarta: Teater Koma.

Rosidi, Imron. 2005. Ayo senang menulis Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Media Pustaka.

Samani, M.& Haryanto.2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santrock, J.W. 1995. Live Span Development. Terjemahan Achmad Chusairi dan Yuda Damanik. Jakarta: Erlangga.

Sayuti, S. A. 2002. Sastra dalam Perspektif Pembelajaran: Beberapa Catatan dalam Sastra Masuk Sekolah. Riris K. Toha-Sarumpaet (Ed.). Magelang: Indonesia Tera.

Sudrajat. 2010. Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suwandi, Sarwiji. 2011. Peran Sastra dalam Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Makalah Seminar Nasional Sastra dalam Rangka Pekan Sastra Himprobsi, FKIP UNS

Zuhdi, Darmiyati, (Ed.). 2009. Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.

Zuhdi, Darmiyati. (Ed.). 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v7i1.6188 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...