CERITA RAKYAT SUNAN MURIA: PENDEKATAN STRUKTURAL DAN NILAI KARAKTER

Hidar Amaruddin, Yanuar Bayu Isnaeni, Herman J. Waluyo, Sahid Teguh Widodo

Abstract


Abstract: This article aims to describe the structure contained in Sunan Muria Folk Literature and describe the character values in Sunan Muria Folk Literature. This research is a qualitative descriptive study. The type of plot used in Sunan Muria Folk Literature in Kudus Regency is a straight or advanced plot. The dominant figure in the Sunan Muria Folk Literature in Kudus Regency is a good human character. More background is used in this folk literature. Sunan Muria Folk Literature in Kudus Regency contains varied suggestions. The character values in this folk literature include religious values, honesty, tolerance, discipline, hard work, independence, democratization, friendship/ communicative, peace, social life, and the value of responsibility.

 

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur yang terkandung dalam Sastra Rakyat Sunan Muria dan menguraikan nilai-nilai karakter dalam Sastra Rakyat Sunan Muria. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis plot yang digunakan dalam Sastra Rakyat Sunan Muria di Kabupaten Kudus adalah plot lurus atau maju. Tokoh dominan dalam Sastra Rakyat Sunan Muria di Kabupaten Kudus adalah karakter manusia yang baik. Latar belakang tempat lebih banyak digunakan dalam literatur rakyat ini. Sastra Rakyat Sunan Muria di Kabupaten Kudus berisi saran variatif. Nilai-nilai karakter yang dalam literatur rakyat ini antara lain nilai religi, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kemandirian, demokratisasi, persahabatan/komunikatif, damai, kehidupan sosial, dan nilai tanggung jawab.

 


Keywords


cerita rakyat; struktural; nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Ananda, Refisa. 2015. Kajian Fungsi Sastra Lisan Kaba Urang Tanjuang Karang Pada Pertunjukan Dendang Pauah. STKIP Siliwangi Journals, 4(2): 92-122.

Bahtiar, Ahmad Bahtiar. “Sikap Pengarang dalam Novel Palawidja Karya Karim Halim dan Kembang Jepung Karya Remi Silado: Sebuah Bandingan.” Jurnal Adabiyat: Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol. 4, No. 1.

Duffin, Christopher J. “A Survey of Birds and Fabulous Stones.” Journal of Folklore Research. Vol. 123, No. 2.

Dwi, Trinil Turistiani. “Struktur Alur Dan Bentuk Konflik Yang Membangun Novel Saman Karya Ayu Utami.” Jurnal Pena Indonesia. Vol. 3, No. 2.

Fatmawati, Laila, dkk. “Buku Cerita Edukatif Berbasis Karakter Toleransi Sebagai Inovasi Mengenalkan Pendidikan Multikultural.” Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 35, No. 2.

Gencarella, Stephen Olbrys. “Gramsci, Good Sense, and Critical Folklore Studies.” Journal of Folklore Research, Vol. 47, No. 3.

Gunnell, Terry. “Daisies Rise to Become Oaks. The Politics of Early Folktale Collection in Northern Europe.” Journal of Folklore Research. Vol. 121, No. 1.

Gusnetti, Syofiani dan Romi Isnanda. “Struktur dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.” Jurnal Gramatika. Vol. 1, No. 2.

Haryanti, Novi Diah. “Bidadari dan Si Penggoda Representasi Tokoh-Tokoh Perempuan dalam Novel Student Hidjo.” Jurnal Dialektika. Vol. 4, No. 1.

Kesuma, Dharma. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media, 2013.

Messi dan Edi Harapan. “Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School).” Jurnal Manajemen, Kepempimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1, No. 1.

Mieder, Wolfgang. “Now I Sit Lake a Rabbit in the Pepper.” Journal of Folklore Research, Vol. 40, No. 1.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nasution, Toni. “Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter.” Ijtimaiyah. Vol. 2, No. 1.

Nurgiantoro, Burhan. Dasar Dasar Kajian Fiksi. Yogyakarta: Usaha Mahasiswa, 2005.

Purwandi, Eko, Emi Agustina & Amril Canhras. 2018. Nilai Religius Dan Nilai Sosial Dalam Materi Pembelajaran Sastra (Cerpen) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2): 154-159.

Putri, Nazella S dan Ali Mustofa. “Nilai Religius dalam Novel Assalamulaikum Beijing Karya Asma Nadia dan Implikasinya.” Jurnal Kata: (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya). Vol. 6, No. 1.

Schwatz, Amy Gazin. Archaeology and Folklore of Material Culture, Ritual, and Everyday Life International. Journal of Historical Archaeology. Vol. 5, No. 4.

Sulastri, Saptiana dan Al Ashadi Alimin. Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 6, No. 2.

Usman, Muhammad dan Anton Widyanto. Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. Dayah: Journal of Islamic Education. Vol. 2, No. 1.

Waluyo, Herman J. Apresiasi Prosa dan Drama. Surakarta: UNS Press, 2002.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.13561 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...