Strategi Bisnis Online Para Pelaku UMKM Industri Makanan Selama Masa Pandemi COVID-19 di Jalan Jatayu

Defa Tsamara Zafirah, Rosita Tandos

Abstract


Penerapan kebijakan PSBB oleh pemerintah berdampak besar terhadap penurunan kegiatan ekonomi di masyarakat. Karena itu, para pelaku UMKM mencari solusi untuk menstabilkan kondisi perekonomian mereka. Tujuan penelitan ini untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam bisnis online yang diterapkan oleh pelaku UMKM industri makanan di Jalan Jatayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan purposive sampling dalam pemilihan sampel, dan melalui observasi, wawancara, serta studi literatur dalam menggali data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis online efektif yang diimplementasi oleh pelaku UMKM industri makanan di Jalan Jatayu menggunakan social media marketing, di antaranya WhatsApp, Facebook, dan Instagram, serta menggunakan fitur Business yang sudah disediakan. Sistem pembayaran yang digunakan adalah transfer bank/m-banking dan metode Cash on Delivery. Sistem antar produk makanan menggunakan sistem Restaurant-to-Consumer Delivery dan menggunakan jasa antar/kurir seperti Go Send, Grab Express, TIKI, J&T Express.


Keywords


Strategi Bisnis; Bisnis Online; Media Sosial; COVID-19; UMKM

Full Text:

PDF

References


Alaimo, Leonardo Salvatore, Mariantonietta Fiore, dan Antonino Galati. 2020. “How the COVID-19 Pandemic is Changing Online Food Shopping Human Behaviour in Italy” dalam Jurnal Sustainability. Vol. 12.

Castronovo, Christina dan Lei Huang. 2012. “Social Media in an Alternative Marketing Communication Model” dalam Journal of Marketing Development and Competitiveness. Vol. 6, No. 1.

Diana dan Nor Laila. 2020. “Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di masa Pandemi Covid 19” dalam Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Gat. 2017. “Pemanfaatan M-Retailing dengan Dukungan Layanan Cash on Delivery pada Swalayan” dalam Citec Journal. Vol. 4, No. 4.

Grandon, Elizabeth E., dan J. Michael Pearson. 2004. “Electronic commerce adoption: an empirical study of small and medium US businesses” dalam Jurnal Information & Management. Vol. 42, No. 1.

Hardani, dkk.. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Prakoso, Fajar Adi. 2020. “Dampak Corona Virus Disease (COVID-19) Terhadap Industri Food & Beverages” dalam Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 33, No. 1.

Setiawan, Teguh Febrianto, Budi Suharjo, dan Muhammad Syamsun. 2018. “Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong)” dalam Jurnal Manajemen IKM. Vol. 13, No. 2.

Indrajit, Richardus Eko. 2002. Electronic Commerce: Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam https://kbbi.web.id/.

Kurniawan, Puguh. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh” dalam Jurnal Kompetensi. Vol. 11, No.2.

Larasati, Novi Hardita Larasati. 2020. “Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Undang-Undang yang Harus Dipahami sebagai Pebisnis” dalam https://www.diadona.id/career/pengertian-umkm-menurut-para-ahli-dan-undang-undang-yang-harus-dipahami-sebagai-pebisnis-200710y.html.

Li, Charlene, Miranda Mirosa, dan Phil Bremer. 2020. “Review of Online Food Delivery Platforms and their Impacts on Sustainability” dalam Jurnal Sustainability. Vol. 12.

Mangold, W. Glynn dan David J. Faulds. 2009. “Social media: The new hybrid element of the promotion mix” dalam Jurnal Business Horizons. Vol. 52.

Mashuri. 2019. “Analisis Strategi Pemasaran UMKM di Era 4.0” dalam Jurnal IQTISHADUNA. Vol. 8, No. 2.

Masudin, Ilyas dan Nika Tampi Safitri. 2020. “Food Cold Chain in Indonesia during the COVID-19 Pandemic: A Current Situation and Mitigation” dalam Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Vol. 9, No. 2.

Meleong, Lexy J.. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Nurharista, Regina Ayu, Sherine, dan Uun Ralita. 2020. “Penerapan Strategi Online Marketing UMKM Pada Era Normal Baru” dalam Jurnal Universitas Tanjungpura.

Putlia, Grace dan Cecilia Aurel Alphin. 2021. “Strategi Pemasaran untuk Industri FMCG pada Era COVID-19” dalam Jurnal Sekretari dan Manajemen. Vol. 5, No. 1.

Rosmadi, Maskarto Lucky Nara. 2021. “Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi COVID-19” dalam Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. Vol. 4, No. 1.

Ryan, Damian. 2014. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital rd Generation. London: Kogan Page Limited.

Sasongko, Pramono, Susy Yuniningsih, dan Ellen Meianzi Yasak. 2016. “Aplikasi Frozen Food Technology untuk Menurunkan Tingkat Kerugian Produk pada Kelompok Perempuan Buta Aksara Alfabet Desa Nogosari, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur” dalam Jurnal Akses Pengabdian Indonesia. Vol. 1, No. 1.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.

Serfiyani, Cita Yustisia, Iswi Hariyani, Serfianto D. Purnomo R. 2013. Buku Pintar Bisnis Online dan Transaksi Elektronik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarti, Yenny, Yenny Sari, dan Mochammad Arbi Hidayat. 2020. “Peranan e-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur” dalam Jurnal Kumawula. Vol. 3, No. 2.

Tanner, John F., dan Mary Ann Raymond. 2012. “Principles of Marketing, v. 2.0” dalam https://scholar.flatworldknowledge.com/books/5229/fwk-133234-ch01.

Thalib, Riza. 2021 RevoU Mini Course: Introduction to Digital Marketing. Diakses melalui Zoom Meeting. 8 Maret 2021.

Tharob, Gabriel F., Elfie Mingkid, dan Ridwan Paputungan. 2017. “Analisis Hambatan Bisnis Online bagi Mahasiswa Unsrat” dalam Jurnal Acta Diurna. Vol. 6, No. 2.

Wijoyo, Hadion, dan Widiyanti. 2020. “Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi COVID-19” dalam Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I.




DOI: https://doi.org/10.15408/dakwah.v25i2.20786 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Published by the Dakwah and Communication Faculty of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta