Perilaku Mengakses Informasi Dan Persepsi terhadap Berita Hoax Di Kalangan Mahasiswa

M. Taufik Hidayatulloh, Kosbi Sahid

Abstract


Abstract

The purpose of this research is; (1) Describe student activity in accessing information on social media, (2) Describing the kind of information that students often access, and (3) Explaining students’ perception of the hoax news. The subject of research is18-22 years old college students who actively used social media. The data was analized using the Miles and Huberman technique. Research shows that : (1) Subject activity in social media is a more a user update status/picture/video feature, stories and live feature, like/love feature, comentary feature dan repost feature. (2) Information often accessed by most of the subject is entertainment, religion and politics, and (3)subject perceives hoax news as incorrect information with far reaching long term effect.


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan aktivitas mahasiswa saat mengakses informasi di media sosial, (2) Mendeskripsikan jenis informasi yang sering diakses mahasiswa, dan (3) Menjelaskan persepsi mahasiswa terhadap berita hoax. Subjek penelitian adalah mahasiswa usia 18-22 tahun yang aktif menggunakan media sosial. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas subjek di media sosial lebih banyak pada fitur update status/gambar/video pengguna, fitur story dan live, fitur like/love, fitur comentary dan fitur repost; (2) Informasi yang sering diakses oleh sebagian besar subjek adalah hiburan, agama dan politik; dan (3) subjek memandang berita hoax sebagai informasi yang tidak benar, yang berdampak jauh dalam jangka panjang.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mukti. Melawan Hoax di Media Sosial dan Media Massa, Yogyakarta: Trustmedia Publishing, 2017.

Andriani, Dian. Kampanye Sosial di Media Sosial (Studi Computer Mediated Communication pada Platform Crowdfunding KitaBisa.Com), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2017.

Asmaya, Fela. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Prososial Remaja di Kenagarian Koto Bangun, Riau”. Jurnal Jom FISIP, Vol. 2, No. 2, Oktober 2015.

Banu, Tinto. 2015, Peran Sosial Media dalam Penyebaran Berita, diakses dari https://socialmediaweek.org/jakarta/ 2015/ 02/ 24/ peran-social-media-dalam-penyebaran-berita/ [Diunduh pada Tanggal 11 September 2018]

Haenlein, Kaplan. “Users Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media”, Business Horizons, 2010.

Hamna, Dian Muhtadiah. “Eksistensi Jurnalisme di Era Media Sosial”. Jurnal Jurnalisa, Vol. 03, No. 1, Mei 2017.

Herdiyansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta Selatan: Salemba Humanika, 2012.

Hutasoit, Hildayati Raudah. “Perpustakaan dan Penyebaran Informasi”. Jurnal Iqra, Vol. 08, No. 02, Oktober 2014.

Josina, Medsos Jadi Andalan Milenial dalam Mengais Informasi, diakses dari https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-3716740/ medsos–jadi– andalan-milenial -dalam-mengais-informasi [Diunduh pada Tanggal 11 September 2018]

Juanda, Heri. “Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh”. Jurnal Peurawi, Vol. 1, No. 1, Tahun 2017.

Kuswana, Dadang. Metode Penelitian Sosial, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mulawarman dan Aldila Dyas Nurfitri, “Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan”. Buletin Psikologi, Vol. 25, No. 1, 2017.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

Rahmad. Meraih Berkah dan Pahala Melalui Internet, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.

Savitri, Sheila. Peranan Internet Sebagai Sumber Informasi, Jakarta: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, 2016.

Shamad, Ishaq. “Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pengembangan Dakwah”. Jurnalisa, Vol. 03, No. 1, Mei 2017.

Susanto, Eko Harry. “Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik” Aspikom, Vol. 3, No. 3, Juli 2017.

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma, 2018, Riset Ungkap Pola pemakaian Medsos Orang Indonesia, diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2018/-03/01/10340027/riset-ungkap-pola-pemakaian-medsos-orang-indonesia[Diunduh pada Tanggal 19 Oktober 2018]

Putri, Wilga Secsio Ratsja; Nurwati, Nunung; dan Budiarti S, Meilanny.“Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja”. Prosiding KS: Riset & PKM, Vol. 3, No. 1, 2016.




DOI: https://doi.org/10.15408/dakwah.v24i2.18319 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Published by the Dakwah and Communication Faculty of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta