PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SHIFT-PROBLEM LESSON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA

Lia Kurniawati, Fida Muthi'ah, Ramdani Miftah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan Shift-Problem Lesson terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMKS Islamiyah Ciputat, tahun akademik 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain kontrol posttest only. Sampel penelitian sebanyak 22 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam bentuk uraian matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Shift-Problem Lesson secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Kemampuan reflektif matematis meliputi menafsirkan indikator, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggeneralisasi. Pencapaian kemampuan reflektif matematis dalam indikator untuk mengevaluasi lebih baik dibandingkan dengan menafsirkan indikator, mengidentifikasi dan menggeneralisasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Shift-Problem Lesson berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v1i1.11684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.