Perilaku Pencarian Informasi Pemustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang

Nurul Hayati, Diaz Mawar Sawitri

Abstract


This article is intended to investigate the users’ information seeking behaviour in Dinas Perpustakaan dan Arsip (Perpusip) Kabupaten Tangerang, based on Seven Pillars model. Data are collected by using questionnaire and observation. The result shows that based on Seven Pillars model, the information seeking behaviour of Perpusip Kabupaten Tangerang’s users is high. It can be seen by the indicator  mean score that gain 3,0 in Identify, Scope, Plan, Gather, Evaluate, Manage, and Present. Generally, the users’ information seeking behaviour in Perpusip Kabupaten Tangerang correspond with the indicators of Seven Pillars information literacy model. However, there are several indicators are needed to be increased, such as in Gather, Evaluate, and Present. In these indicators, many users still chose “sometimes” in answering the questions.

---

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip (Perpusip) Kabupaten Tangerang berdasarkan model Seven Pillars. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi pemustaka di Perpusip Kabupaten Tangerang berdasarkan model Seven Pillars tergolong tinggi. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata indikator yang mencapai 3,03, baik dari indikator Mengidentifikasi (Indentify), Cakupan (Scope), Rencana (Plan), Mengumpulkan (Gather), Evaluasi (Evaluate), Mengelola (Manage), dan Menyajikan (Present). Secara umum perilaku pencarian informasi pemustaka di Perpusip Kabupaten Tangerang sudah sesuai dengan indikator-indikator yang ada pada model literasi informasi Seven Pillars. Namun, di sisi lain masih ada beberapa indikator yang perlu mereka tingkatkan, diantaranya yaitu pada indikator Gather, Evaluate dan Present. Pada indikator-indikator tersebut masih banyak pemustaka yang menjawab kadang-kadang pada beberapa pernyataan yang disampaikan.

DOI : 10.15408/bat.v24i1.7313


Keywords


information seeking behaviour; information literacy; Seven Pillars

References


Arma, M. Arif dan Malta Nelisa, “Perilaku Pencarian Informasi Pemustaka”. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 1, No. 2, Maret 2013, Seri A. Artikel diakses pada 26 Februari 2018 dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/1087/924

Pattah, Sitti Husaebah. “Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran.,” Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khazanah Al-Hikmah, Vol.2 No.2 (2014)

Pendit, Putu Laxman. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi dan Metodologi, Jakarta: JIP-FSUI, 2013

Qalyubi, Syihabuddin, dkk. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab, IAIN SKJ, 2007.

SCONUL “The SCONUL Seven Pillars of Information Literacy,” artikel diakses 16 Maret 2017 dari www.sconul.ac.uk

Sulistyo-Basuki, “Kemelekan Informasi (Informasi Literasi), artikel diakses 20 Januari 2017 dari ”www.dspace.library.uph.ed.

Surachman, Arif, “Literasi Informasi Digital”, artikel diakses pada 16 Maret 2017 dari www.academia.edu

Wilson, T.D. “Human Information Behavior,” Special Issue on Information Science Reseacrh. Vol. 3 No. 2 (2000) artikel diakses pada 20 Januari 2017 dari https://www.researchgate.net/profile/Tom_Wilson25/publication/270960171_Human_Information_Behavior/links/57d32fe508ae601b39a42875/Human-Information-Behavior.pdf

Yusuf, Pawit M. dan Priyo Subekti. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval), Jakarta: Kencana, 2010

Yusuf, Pawit M. dan Yaya Suhendar, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana, 2007


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/bat.v24i1.7313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurul Hayati, Diaz Mawar Sawitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.