Peran unit penghubung sebagai penyelaras informasi

Tri Margono

Abstract


Peran unit penghubung (liaison office} sebenamya tidak berbeda jauh dengan hubungan masyarakat (public relation) yang telah dlkenal selama lnl. Tugas dan fungslnya adalah menjelaskan, mengangkat, mempromosikan, dan sekaligus memasarkan produk jasa yang telah dihasilkan. Peran tersebut lebih terarah pada pembinaan dan peningkatan sumberdaya manusia, baik dalam pengembangan ketrampilan dalam hal pengetahuan (ekonomi) maupun teknologi. Unit penghubung tidak hanya nyata bergerak di bidang informasi, tetapi bentuknya sangat bervariasi tergantung dari tujuan pengelolaannya. Unit penghubung dibentuk untuk menjembatani antara para tenaga ahli yang Ielah memiliki pengetahuan dengan para industriawan sebagai penguasa aplikasi teknologi. Oleh sebab itu kehadiran unit penghubung dalam penyelarasan lnformasi sangatlah penting, khususnya antara pusat dokumentasi dan informasi, perguruan tinggi, dan industri. Saat ini unit penghubung paling banyak dilibatkan pada perguruan tinggi asing, khususnya dalam penyebaran informasi dan perolehan siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi yang bersangkutan. Petugas yang tergabung dalam unit ini pada umumnya adalah orang asal daerah dimana perguruan tinggi tersebut berada. Suksesnya peran unit penghubung disini ditentukan oleh keahlian mereka dalam melakukan promosi. Sedangkan jalinan kerjasama bilateral antara industri dengan perguruan tinggi yang melibatkan unit penghubung, berbeda dengan tujuan perguruan tinggi secara murni. Kerjasama yang dibina lebih mengarah pada penimbaan ilmu atas apa yang pernah diperoleh. Ketrampilan yang diperoleh selama berada di lingkungan industri sangat bermanfaat bagi perkembangan staf pengajar dan mahasiswa. Sementara di tingkat perguruan tinggi sendiri, peranan dosen lebih terarah sebagai tenaga konsultan.

Kata Kunci: Unit penghubung; Penyebaran informasi; Penyelarasan informasi


Full Text:

PDF
Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: